Akselerasi Transformasi Pemerintahan Digital, Kemenpan-RB Sambangi Tony Blair Institute

virprom.com – Sejak tahun 2023, Kementerian Pemberdayaan Kelembagaan dan Reformasi Birokrasi Nasional (Kemenpan-RB) menjalin kerja sama dengan Tony Blair Institute (TBI).

Kemenpan-RB merupakan departemen yang mempunyai mandat tingkat strategis terhadap kebijakan tata kelola pemerintahan, antara lain transformasi digital pemerintahan, kelembagaan, reformasi birokrasi, manajemen ASN, dan pelayanan publik.

Menteri Pemberdayaan Kelembagaan dan Reformasi Birokrasi Nasional (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan TBI merupakan mitra strategis.

Menteri Anas saat bertemu dengan para pakar transformasi digital global TBI mengatakan: “Bagi saya, TBI merupakan mitra strategis dalam kebijakan Penguatan Sistem Pemerintahan e-Government (SPBE), termasuk integrasi layanan digital melalui penciptaan Teknologi Pemerintahan (GovTech )” Singapura , di Singapura pada Kamis (11/7/2024).

Menpan-RB menjelaskan, Indonesia saat ini sedang mempercepat transformasi digital melalui pengembangan teknologi pemerintah Indonesia yang disebut INA Digital.

Singapura adalah salah satu negara pertama yang mengadopsi pemikiran digital untuk transformasi pemerintahan, khususnya pengembangan layanan publik yang berorientasi pada komunitas atau berpusat pada warga.

Baca juga: Temui Menteri Singapura Menpan-RB Anas bahas percepatan pelayanan publik berbasis digital

Singapura memiliki portal layanan publik nasional bernama LifeSG, yang menyediakan layanan dan informasi pemerintah komprehensif yang dikelola oleh GovTech, yang disebut “Smart Nation Singapore”.

“Kami ingin memahami keterlibatan dan peran TBI Singapura dalam membantu negara mempercepat transformasi digital sehingga hal ini dapat kami adopsi juga di pemerintahan Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis.

Melihat apa yang dilakukan Pemerintah Singapura dan GST, Menteri Anas yakin pihaknya mampu menghadirkan layanan publik yang semakin berbasis warga negara, semakin inklusif dan komprehensif. Hal ini dilakukan pemerintah Indonesia bersama mitra strategisnya INA Digital.​

Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kepuasan masyarakat terhadap tata kelola pemerintahan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ini juga menjelaskan, dalam jangka pendek, khususnya tahun ini, teknologi pemerintah akan mengembangkan sembilan layanan prioritas secara komprehensif. Hal ini termasuk mengkonsolidasikan integritas layanan lain yang sudah ada.

Baca juga: Menteri Pan-RB Anas bertemu delegasi parlemen Thailand untuk membahas transformasi digital

Langkah ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo Republik Indonesia yang menyatakan bahwa teknologi harus memudahkan pemberian pelayanan kepada masyarakat. Jokowi berharap INA Digital menjadi yang terdepan dalam mengawal berbagai aplikasi layanan pemerintah.

Menteri Anas mengatakan tantangan layanan digital saat ini memerlukan peralihan dari kondisi yang kompleks, rumit, dan panjang ke kondisi yang lebih sederhana, mudah, cepat, dan transparan.

“Ke depan, masyarakat hanya perlu login satu kali dan mengisi detail informasi untuk mengakses berbagai layanan dalam satu portal, data pribadinya akan aman tanpa perlu fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP),” ujarnya. .

Oleh karena itu, lanjut Menteri Anas, layanan yang terintegrasi dalam portal tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di setiap momen kehidupan seseorang, mulai dari lahir hingga meninggal.

Perlu dicatat bahwa portal komprehensif yang dimaksud didasarkan pada kebutuhan masyarakat, bukan hambatan birokrasi berbasis lembaga.

Baca juga: Gelar Konferensi Digital Kemajuan Kerja INA, Menpan-RB Anas Soroti Akselerasi Kinerja

Layanan yang ditampilkan berkaitan langsung dengan cara memperoleh dukungan pencarian kerja, informasi layanan saat sakit, perpindahan alamat, cara memperoleh bantuan sosial, dan lain-lain.

“Untuk portal layanan publik ini, kami melihat LifeSG sebagai salah satu tolok ukur kami. “Selain itu, ada kebutuhan untuk mempelajari cara menerapkannya pada layanan pemerintah Singapura yang sudah mengoperasikan SING Pass,” jelasnya. Terima berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top