Siap-siap, Fitur Radio Konvensional Hadir di Android Auto

virprom.com – Google dikenal membawa fungsi radio ke software Android Auto car. Dengan fitur baru ini, pengguna dapat mendengarkan stasiun radio AM dan FM langsung melalui Android Auto.

Android Auto sendiri merupakan software Android yang memungkinkan pengguna menjalankan berbagai aplikasi melalui unitnya, yang dikenal dengan sistem infotainment yang terpasang di dalam mobil. Android Auto sudah digunakan di lebih dari 500 model mobil, mulai dari Honda hingga Lamborghini.

Mekanismenya, pengguna mengunduh aplikasi Android Auto di ponselnya melalui Google Play Store, kemudian menghubungkan ponsel ke unit mobil melalui kabel USB-C atau Bluetooth. Setelah terhubung, layar unit menampilkan antarmuka (UI) yang mirip dengan ponsel pengguna.

Baca selengkapnya: Google meluncurkan OS untuk mobil, Android Auto

Sejauh ini Android Auto telah menyediakan banyak fitur seperti navigasi, streaming musik YouTube dan Spotify, asisten suara dan lainnya. Namun software ini belum memiliki fitur untuk mendengarkan radio konvensional.

Kehadiran fungsi radio ini terdeteksi oleh situs berita teknologi 9to5Google.

Pada aplikasi Android Auto versi terbaru yaitu v12.3 dan v12.4 ditemukan sederet kode yang menunjukkan fungsi radio control pada mobil. Temuan ini termasuk peralihan antara stasiun radio AM dan FM, serta radio Dukungan HD.

Berikut daftar kode string yang ditemukan oleh 9to5Google: AM DAB FM Radio HD Daftar radio tidak tersedia Radio mobil

Fitur radio mobil ini belum dirilis di Android Auto, sehingga belum diketahui bagaimana desain dan cara kerjanya.

Fitur ini diperkirakan akan tersedia di aplikasi tersebut, dengan antarmuka yang sama dengan aplikasi media lain di mobil pengguna. Alternatifnya, fitur ini mungkin muncul sebagai pintasan yang mengarahkan pengguna ke radio mobil.

Radio control ini juga diharapkan terintegrasi dengan lingkar kemudi agar lebih mudah diakses.

Yang jelas, kehadiran fitur radio control ini menunjukkan bahwa Google mengetahui banyak pengguna yang masih menyukai radio, baik karena kontennya dikurasi oleh masing-masing stasiun radio, maupun karena kecepatan aksesnya.

Dan juga dilengkapi radio mobil, pengguna dapat beralih dari streaming audio ke radio tradisional di satu tempat, sehingga memudahkan pengguna dalam mengontrol musik.

Radio ini juga cocok digunakan di area yang akses internetnya sedikit, serta tidak mengganggu pengguna saat berkendara di jalan raya, seperti dilansir KompasTekno dari GizChina, Selasa (23/7/2024).

Baca Juga: AnTutu Rilis Aplikasi Benchmark Mobil Listrik, 17 Mobil Dapat Top Score Download Code Wallpaper

Selain baris kode yang terkait dengan kontrol radio mobil, Android Auto v12.3 dan v12.4 menyertakan sejumlah kode terkait wallpaper, yang disebut latar belakang antarmuka Android Auto.

Pasalnya, pada Desember 2023, Google memperbarui Android Auto yang memungkinkan pengguna menyesuaikan wallpaper Android Auto di ponsel cerdasnya.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot mencari wallpaper untuk menghiasi antarmuka Android Auto.

Android Auto versi terbaru juga melakukan penyesuaian penggunaan bahasa, terkait notifikasi yang muncul ketika ponsel pengguna yang terhubung ke mobil mengalami panas berlebih.

Pengguna disarankan untuk meningkatkan kinerja ponsel, misalnya dengan mematikan layar, senter, hotspot dan tidak mengisi daya ponsel secara nirkabel.

Android Auto v12.3 dan v12.4 saat ini sedang diluncurkan, baik dalam saluran stabil maupun beta, melalui Google Play Store. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top