Kegigihan Rifda Irfanaluthfi, Tahan Sakit demi Tuntaskan Mimpi Tampil di Olimpiade

virprom.com – Pesenam Indonesia, Rifada Irfanalutfi, mengikuti Olimpiade Paris 2024 sambil mengalami cedera. 

Rifda menjadi pesenam Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade. Namun, startnya di ajang olahraga terbesar dunia itu bukanlah yang terbaik karena kondisinya yang kurang baik. 

Pada kompetisi di Bercy Arena, Minggu (28/7/2024), Rifda yang mengikuti nomor all-around hanya memainkan 4 instrumen bertingkat dan mencatatkan 9.166 poin. 

Rifada mengalami cedera pada meniskus dan ACL. Bahkan, ia harus dibantu pelatih Eva Novalina saat memanjat dan mendarat di palang bertingkat tersebut. 

Baca Juga: Sejarah Rifada Irfan Luthfi di Olimpiade 2024, Dari Cedera hingga Buktinya

Pesenam berusia 24 tahun itu sampai menitikkan air mata saat menceritakan kondisinya. Ia mengatakan, perjuangannya mewujudkan impian lolos ke Olimpiade tidaklah mudah. 

“Rasanya sulit sekali karena perjalanan menuju Olimpiade tidak mudah dan sangat panjang,” kata Rifada dalam keterangan NOC Indonesia.

Saya berharap bisa tampil dengan empat instrumen, tapi saya cedera lagi dari nol. Saya bisa memainkan 3 instrumen lagi, cedera lagi, hingga saya kembali sekarang. Baru saja tampil di bar tinggi,” kata Rifada sambil menangis.

“Sebenarnya saya sangat ingin ikut Olimpiade karena ini impian saya. Saya ingin membanggakan semua orang yang sudah mendukung saya,” tegasnya. 

Baca Juga: Profil Rifada Irfanalutfi, Pesenam Pertama Indonesia di Olimpiade

Usai mengikuti Kejuaraan Dunia yang meloloskannya ke Paris 2024, Rifda menjalani operasi meniskus. 

Namun, ia masih menderita cedera ACL yang belum dioperasi sehingga bisa tampil di Olimpiade Paris 2024. 

Setelah menjalani rehabilitasi, terapi, penguatan dan latihan seperti biasa, bulan lalu Rifda sudah bisa memainkan seluruh gerakan di semua instrumen. 

Namun, tiga pekan sebelum berangkat ke Paris, Rifada kembali mengalami cedera. Lututnya bengkak, menyebabkan dia stres. 

Baca Juga: Rifada Ibu Kota Incar Olimpiade Paris 2024 Usai Raih Perunggu Piala Dunia Senam

Tiga hari sebelum keberangkatan, kondisinya bagus. Bahkan, ia bisa bermain di empat mesin sesuai rencana pelatih. Namun, ia kembali cedera pada sesi latihan kedua di Paris. 

Rifada belum memutuskan masa depannya, termasuk kemungkinan pensiun akibat cedera yang dialaminya. 

“Saya ingin merasakan atmosfer olimpiade dulu. Mungkin saya operasi, mungkin juga tidak. Apakah saya ingin pensiun atau ingin terus menjadi atlet,” kata Rifada. 

“Sekarang saya merasa tenang, saya bisa membuktikan bahwa saya bisa tampil di Olimpiade. Saya senang bisa menahan rasa sakit hingga kompetisi selesai,” tambahnya.  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top