Chile Diguncang Gempa Magnitudo 7,4

Santiago, virprom.com – Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter melanda Chile bagian utara pada Kamis (18 Juli 2024). Tidak ada laporan korban luka atau kerusakan.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa berada 256 kilometer sebelah timur kota pesisir Antofagasta dan kedalaman fokusnya 126 kilometer.

Presiden Chili Gabriel Boric menulis di jejaring sosial X: “Sejauh ini tidak ada laporan korban cedera atau kerusakan signifikan, namun kelompok sedang mengumpulkan informasi.”

Baca juga: Gempa M 6,4 mengguncang perbatasan Meksiko-Guatemala

Chili terletak di sepanjang “Cincin Api” Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang dari Jepang hingga Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik, AFP melaporkan pada Jumat (19 Juli 2024).

Pada tahun 2010, gempa berkekuatan 8,8 skala Richter memicu tsunami yang menyapu seluruh desa di wilayah selatan dan tengah negara tersebut.

Bencana tsunami tersebut memakan korban jiwa sebanyak 520 orang.

Berbatasan dengan Samudera Pasifik di barat dan Pegunungan Andes di timur, Chili juga merupakan salah satu negara dengan aktivitas seismik paling aktif di dunia.

Baca juga: Gempa susulan di Taiwan tadi malam berkekuatan 6,3 skala Richter

Sementara itu, episentrum gempa Kamis lalu berada sekitar 80 kilometer dari perbatasan Chile-Argentina dan kurang dari 32 kilometer dari perbatasan Chile-Bolivia. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top