Rawan Terjadi Kecelakaan, Begini Aturan Berhenti di Bahu Jalan Tol

KLATEN, virprom.com – Bahu jalan tol atau bagian kiri jalur di luar garis putih kontinu bukan merupakan bagian jalan. Oleh karena itu, sebaiknya tidak digunakan seperti cara biasa.

Bahu jalan diatur dengan baik untuk menunjang kelancaran lalu lintas ketika terjadi keadaan darurat dan sejenisnya.

Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai operasi bahu seringkali mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang membahayakan.

Baca Juga: Ingat, Jalan Tol Tidak Bisa Dipakai Secara Sengaja.

Uswatun Hasanah, Head of CSR Management dan Public Relations Jalan Tol Astra Infra Tangerang Merak mengatakan, hal itu sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 22 Tahun 2009 dan khusus jalan tol yakni Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2015 tentang jalan tol.

Dan bagi kendaraan yang melakukan pemberhentian darurat, bahu jalan tersebut tidak diperuntukkan untuk aktivitas lain seperti menyalip kendaraan pada kondisi normal,” kata Uswatun kepada virprom.com, Minggu (23/6/2024). ).

Sekalipun dalam keadaan darurat namun pengemudi harus tetap menjaga sopan santun dan perilaku yang benar saat berhenti di bahu jalan.

Baca Juga: Pajero Sport Tabrak Truk yang Parkir di Bahu Jalan Kaliwungu, Kendal.

Jusri Pulubuhu, pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), menjelaskan, ketika harus menghentikan mobil di bahu jalan tol, jarak kendaraan yang parkir dengan segitiga pengaman minimal 100 meter.

Jarak tersebut merupakan jarak aman. Dan wajib digunakan pada saat mobil diparkir di pinggir jalan agar pengemudi lain waspada dan berhati-hati, jelas Jusaree kepada virprom.com, baru-baru ini.

Jusri mengatakan, kecepatan kendaraan saat melintas di jalan tol biasanya cepat. Oleh karena itu, diperlukan jarak tertentu untuk dapat melakukan pose tersebut dengan baik.

Baca selengkapnya: Kecelakaan Porsche di Bahu Tol Harap diingat aturannya.

“Berbagai lampu darurat kendaraan perlu dinyalakan untuk melambangkan bahwa situasi benar-benar darurat. Sehingga pada malam hari bisa melihat pengendara lain dengan lebih baik,” kata Jusri.

Maka dari itu, jika tidak perlu sebaiknya juga jangan berhenti di bahu jalan bebas hambatan karena resikonya tinggi. Dalam keadaan darurat pengemudi harus memasang rambu keselamatan, seperti menyalakan lampu darurat. Dan segitiga keselamatan mendengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top