7 Tips Buat Password Unik biar Tidak Mudah Dibobol

virprom.com – Password menjadi kunci utama pengguna untuk mengakses akun tertentu. Misalnya saja akun pengguna Google dan berbagai platform media sosial.

Namun, meskipun pengguna menggunakan struktur kata sandi yang kuat, kejahatan dunia maya masih terjadi. Salah satunya adalah akun media sosial yang mudah diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Platform media sosial mudah diretas karena sejumlah alasan. Salah satunya adalah password yang mudah ditebak atau kombinasi huruf yang terlalu sederhana. Bagi Anda yang ingin meningkatkan keamanan akun media sosial Anda, berikut beberapa tips cara membuat password unik agar tidak mudah diretas.

Baca Juga: 10 Miliar Password Bocor, Buat Password Terpanjang Sepanjang Sejarah

Kata sandi yang panjang lebih aman daripada kata sandi yang pendek. Targetkan 12 hingga 16 karakter.

Kata sandi yang pendek mudah ditebak dan rentan terhadap serangan jahat. Hal ini terjadi ketika penyerang menggunakan kekuatan komputer untuk mempertimbangkan semua kombinasi secara sistematis hingga kombinasi yang benar ditemukan. Contoh kombinasi password yang panjang : 12 karakter : LongP@ssw*rd 16 karakter : LongP@ssw*rd*#*^ Buatlah password dengan frase atau frasa

Pertimbangkan untuk menggunakan frasa atau rangkaian kata yang membentuk sebuah kalimat atau kalimat. Kalimat ini tidak hanya mudah diingat, tetapi juga lebih sulit dipecahkan oleh yang belum tahu, terutama jika mengandung angka dan simbol.

Contoh frase: HotChocolateOnRa1nyDays! Gunakan titik penyisipan

Untuk membuat kata sandi yang kuat, penting untuk menggunakan berbagai kombinasi seperti huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus.

Kombinasi ini mempersulit seseorang untuk menebak atau memecahkan kata sandi akun Anda. Selain itu, untuk meningkatkan keamanannya, tambahkan karakter khusus di awal dan akhir kata sandi Anda agar lebih panjang dan kuat.

Contoh: #S3cur!TyR0cks# S3cur!TyR0cks# Hindari karakter yang berurutan dan berulang

Hindari penggunaan karakter yang berurutan atau berulang dalam kata sandi Anda. Misalnya, urutan seperti “1234” dan karakter berulang seperti “aaaaaa” rentan dan mudah diprediksi. Pastikan kata sandi Anda tidak mengikuti pola seperti ini. Contoh karakter berurutan dan berulang: 12345aaaa Contoh password tidak berurutan: a45a31a2a

Baca juga: Lupa Kata Sandi 10 Tahun, Komputer dan Bitcoin Rp 48 Miliar Dapat Didekripsi Menggunakan Kata Asli untuk Akun Berbeda.

Menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun meningkatkan risiko jika salah satu akun Anda diretas.

Sebaliknya, solusi yang lebih aman adalah dengan menggunakan ekspresi dasar untuk setiap akun dan bit set. Misalnya, tambahkan “4Me!2024” di akhir frasa asli yang unik untuk setiap akun yang Anda gunakan. Ini dapat membantu Anda membuat kata sandi yang kuat dan sulit ditebak. Gunakan perlindungan kata sandi

Padding adalah proses menambahkan karakter acak ke kata sandi Anda agar lebih panjang dan rumit, sehingga lebih sulit bagi penyerang untuk memecahkannya.

Cara ini sangat berguna terutama jika terdapat karakter tambahan atau kombinasi karakter dan angka. Dengan cara ini, kata sandi umum dapat diubah menjadi kata sandi yang sangat kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top