Apa Penyebab Penyakit Jantung di Usia Muda? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Penyakit jantung dulunya diketahui merupakan masalah kesehatan yang dialami oleh orang-orang yang berusia di atas 50 tahun.

Namun, banyak anak muda berusia antara 20 dan 40 tahun saat ini menderita masalah jantung. Lalu apa saja penyebab penyakit jantung di usia muda?

Sebelum membahas penyebabnya, simak dulu ciri-ciri penyakit jantung bayi berikut ini:

Baca selengkapnya: Bagaimana rutinitas olahraga Anda untuk mencegah serangan jantung di tempat kerja?

Menurut British Heart Foundation, gejala penyakit jantung di usia muda antara lain rasa sesak atau sesak di dada, sesak napas, detak jantung tidak teratur, dan rasa lelah. Mual Meski tidak berolahraga atau kepanasan, Anda banyak berkeringat dan merasakan nyeri di perut bagian atas yang menjalar ke dada, terutama di rahang dan punggung.

Siapapun yang mengalami gejala penyakit jantung di usia muda sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca selengkapnya: Bisakah Serangan Jantung Dicegah pada Atlet? Kata dokter begini… Kenapa penyakit jantung bisa timbul di usia muda?

Dokter Spesialis Kardiovaskular, Subspesialis Kardiologi Intervensi, Dr. Suko Ardiato Sp.JP (K) Ph.D FIHA menyatakan, penyebab penyakit jantung di usia muda yang paling banyak adalah kelainan jantung bawaan.

“Kami fokus apakah itu bawaan, apakah itu penyakit jantung bawaan atau penyakit lainnya. Misalnya aorta itu disebabkan oleh kelainan bawaan yang disebut sindrom Marfan, orangnya tinggi dan lengannya juga tinggi,” kata dr Soko. tertulis. Antara, Selasa (30 Juli 2024).

Cacat jantung bawaan dan kelainan jaringan ikat yang menyebabkan masalah seperti jantung bocor atau pembuluh darah mudah pecah lebih sering terjadi pada orang berusia 20-an, lanjut Soko.

Selain itu, penyakit jantung rematik merupakan penyakit jantung yang banyak ditemukan pada kalangan usia muda.

Penyakit jantung rematik disebabkan oleh infeksi bakteri selama beberapa tahun sejak masa kanak-kanak, namun gejalanya biasanya muncul pada usia 30-an.

“Ini menyerang jantung selama beberapa dekade, dan gejalanya akhirnya mulai muncul pada usia 20-an atau 30-an,” kata dr. Soko, dari Rumah Sakit Kardiovaskular Harapan Keita di Jakarta.

“Jadi, berapa lama dia terkena serangan jantung? Iya, lama sekali. 15 sampai 20 tahun baru muncul masalah itu,” imbuhnya.

Baca selengkapnya: Apa saja jenis penyakit jantung? Berikut ulasannya…

Terkait pengobatan penyakit jantung pada pasien pria usia subur, dr Soko menjelaskan, pengobatan medis dengan menggunakan obat pengencer darah dan pembedahan untuk memperbaiki atau mengganti katup jantung dengan menggunakan logam atau titanium bisa menjadi pengobatan terakhir.

Sedangkan bagi pasien wanita usia subur, disarankan untuk melakukan operasi katup jantung dengan menanamkan katup yang berasal dari hewan hidup untuk mengobati penyakit jantung.

“Kalau bio, tidak perlu minum obat pengencer darah karena obat pengencer darah mempunyai efek samping seperti kelainan pada janin. Itu perlu diperhatikan.”

Ia menambahkan, obat untuk mengeluarkan cairan jantung untuk mencegah pembengkakan dan obat untuk menjaga fungsi jantung dapat diberikan kepada pasien muda dan tua.

Untuk mencegah penyakit jantung sejak dini, disarankan untuk menjalani pola hidup sehat dan menghindari rokok. Dengarkan berita terkini dan berita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top