Pemerintah Siapkan Mini ICU dan Tim Medis Spesialistik untuk Peringatan 17 Agustus di IKN

JAKARTA, virprom.com – Kementerian Kesehatan menyiapkan berbagai fasilitas kesehatan untuk mendukung perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus di Ibu Kota Kepulauan (ICN).

Direktur Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Sunarto mengatakan, pemerintah telah menyiapkan tim medis khusus, ambulans, dan mendirikan ICU mini di IKN.

“Kami di IKN telah mempersiapkan secara matang untuk memastikan seluruh fasilitas kesehatan siap memenuhi kebutuhan kesehatan pada perayaan HUT RI ke-79,” kata Sunarto dalam siaran pers pimpinan IKN, Kamis (1/8/2024).

Baca Juga: Peletakan Batu Fondasi IKN ke-7 Jelang Upacara Kemerdekaan

Sunarto menjelaskan, faskes yang disiapkan memiliki 2 set mini ICU dan tim medis khusus VVIP, serta 2 set mini ICU dan tim medis khusus VIP.

Selain itu, didirikan 5 posko kesehatan di sekitar tenda untuk para undangan dan peserta upacara.

Selanjutnya, 18 unit mobil ambulans Layanan Ambulans (ALS) dan Basic Life Support (BLS) telah disiapkan untuk membantu evakuasi pasien di mini ICU dan fasilitas pelayanan kesehatan, kata Sunarto.

Ia juga mencatat, pada peringatan 17 Agustus ini terdapat beberapa rumah sakit rujukan yang ditunjuk pemerintah untuk kebutuhan pelayanan kesehatan.

Baca Juga: Bandara VVIP IKN Tak Beroperasi 17 Agustus, Menhub: Ditunda Hingga Akhir Bulan Ini

Bertanya ke RS – RSUD Kanujoso Jativibowo S. RSUD Sahrani dr. RS TNI AD. Harjanto, RS Pertamina Balikpapan, RS Bhayangkara, RS Beriman, RS Ratu Aji Putri Botung, RS Sepaku dan RS Siloam Balikpapan.

“Rumah Sakit Vertikal di ICN juga harus digunakan untuk observasi di layanan darurat khusus dan unit perawatan intensif,” kata Sunarto.

Sedangkan fasilitas kesehatan dan kesehatan akan tetap berada di IKN pada tanggal 14-18 Agustus 2024.

“Mereka akan memuat peralatan, memasang dan menguji peralatan mini ICU dan fungsi pos kesehatan.” Simulasi dan latihan bersama tim Sekretariat Negara, Sekretariat dan Paspampress akan dilaksanakan mulai pukul 10.00 hingga 15.00. Agustus 2024,” jelas Sunarto.

Baca juga: Rp 4,5 Miliar di sebelah IKN. Barang rumah mewah produksi Sinarmas sudah habis terjual

Seperti diketahui, upacara peringatan tersebut akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2024 di wilayah IKN, Kalimantan Timur.

Pada tanggal 17 Agustus 2024, Presiden Joko Widodo mengadakan peringatan Detik-Detik Proklamasi.

Selain Presiden, juga akan hadir pejabat pemerintah, duta besar dan undangan dari berbagai kalangan masyarakat yang akan berpartisipasi dalam upacara di ICN.

Presiden terpilih Prabowo Subianto dari Pilpres 2024 juga dijadwalkan menghadiri upacara peringatan di ICN pada 17 Agustus. Dapatkan pilihan berita dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top