Hidup Terlilit Utang, Buruh Ini Temukan Berlian Rp 1,5 Miliar

NEW DELHI, virprom.com – Nasib seorang buruh di India berubah drastis dalam semalam setelah ia menemukan berlian berukuran besar di sebuah tambang di negara bagian Madhya Pradesh.

Berlian seberat 19,22 karat itu diperkirakan akan terjual sekitar 8 juta rupiah atau sekitar Rp 1,5 miliar di lelang pemerintah.

Raju Gound mengatakan dia telah menyewa tambang di Panna selama lebih dari 10 tahun dengan harapan bisa menemukan berlian.

Baca Juga: Sesampainya di Bandara, Warga Desa Ini Bingung Mau Pulang atau Lanjut Liburan ke Eropa Usai Diberitahu Kakeknya Meninggal Dunia.

Panna terkenal dengan tambang berliannya dan masyarakat di sana sering menyewa tambang dangkal dan murah dari pemerintah untuk berburu permata tersebut.

Perusahaan Pengembangan Mineral Nasional (NMDC) Pemerintah India menjalankan proyek penambangan berlian di Panna.

Perusahaan juga menyewakan tambang dangkal kepada individu, keluarga, dan koperasi yang mencari berlian, biasanya dengan peralatan dan perlengkapan dasar.

Setiap temuan diserahkan ke kantor berlian pemerintah, yang kemudian menilai nilai batu tersebut.

“Tambang ini bisa disewa dengan harga sekitar 200-250 rupee (sekitar Rs. 38.900-48.600) [untuk jangka waktu tertentu],” kata Anupam Singh, pejabat di kantor berlian pemerintah negara bagian, kepada BBC.

Pada tahun 2018, pekerja di Bundelkhand menemukan berlian senilai Rp 15 juta di sebuah tambang di Panna. Namun temuan seperti itu jarang terjadi.

Singh mengatakan meski banyak orang telah menemukan batu yang lebih kecil, penemuan Gound penting karena ukurannya.

Gaund mengatakan kepada BBC bahwa ayahnya menyewa tambang di desa Krishna Kalyanpur Patti, dekat Panna, sekitar dua bulan lalu.

Baca Juga: Warga Ini Banyak Masak dan Dirikan Tenda Halal Bihalal Idul Fitri, Ternyata Temannya Tak Mau Datang.

Dia mengatakan keluarganya menyewa tambang tersebut terutama pada musim hujan, ketika pekerjaan pertanian dan konstruksi melambat.

“Kami sangat miskin dan tidak mempunyai sumber pendapatan lain. Jadi kami melakukan ini dengan harapan dapat menghasilkan uang,” ujarnya.

Sebelumnya, ia sering mendengar cerita orang mencari berlian dan berharap suatu saat ia juga beruntung.

Pada Rabu (24/7/2024) pagi ia berangkat ke lokasi untuk melakukan aktivitas sehari-hari mencari permata dengan tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top