Mengenal Platfom Khusus Mobil Listrik dari GAC Aion

TANGERANG, virprom.com – Produsen mobil listrik asal China, GAC Aion, menjadi salah satu pendatang baru di pasar nasional.

Bekerja sama dengan grup Indomobil, seluruh produk yang ditawarkan adalah Aion Y Plus, Aion ES dan Hyptec HT yang cocok untuk konsumen dalam negeri.

Menurut Xu Zhaoyu, Product Training Manager Aeon South East Asia, hal ini sejalan dengan penggunaan basis atau platform khusus yang dikembangkan untuk mobil listrik pribadi. Platform tersebut dinamakan Advanced Electrification Platform (AEP).

Baca juga: GIIAS 2024, Pertemuan Tiga Poros Industri Otomotif Asia Timur

“Aion memiliki keunggulan dengan baterai yang dapat diisi ulang dan AEP, platform listrik murni yang eksklusif,” ujarnya di ajang GIIAS 2024, ICE BSD City, Tangerang, Rabu (24/07/2024).

Dengan platform ini, mobil menawarkan berbagai keunggulan seperti ruang lebih luas, daya tahan baterai lebih lama, kabin lebih luas, pengendalian lebih baik, dan teknologi lebih cerdas.

“Saat Anda membeli mobil serba listrik, Anda sebaiknya memilih model yang dikembangkan dengan platform arsitektur khusus untuk kendaraan listrik,” kata Zhu.

“Hanya model yang dikembangkan khusus pada platform arsitektur mobil listrik murni yang dapat disebut sebagai mobil listrik energi terbarukan,” jelasnya.

Baca juga: Bagaimana China Bisa Jual Mobil Listrik Termurah di Dunia

Sebab jika mobil listrik menggunakan platform konversi dari kendaraan pembakaran dalam bernama internal Combustion Engine (ICE), banyak aspek yang dikorbankan.

Menurut Xu, hal tersebut antara lain terbuangnya ruang di kabin depan, jarak berkendara yang pendek, tidak menggunakan ukuran baterai biasanya, lantai yang cukup tinggi, kenyamanan dan pengalaman berkendara yang buruk.

Yang tak kalah penting adalah posisi terakhir baterai, yang cukup berbahaya dari segi keamanan.

“AEP memainkan peran penting dalam pengembangan sistem penggerak listrik terintegrasi tiga-dalam-satu (motor, kontrol elektronik, dan peredam),” kata Zhu.

“Desain ini 30 persen lebih ringkas, 20 persen lebih ringan, dan memiliki kepadatan daya 20 persen lebih tinggi dibandingkan rata-rata pasar,” tambahnya.

Baca Juga: Menko Airlang Pertanyakan Harga Aion Hyptec HT di GIIAS 2024

Platformnya juga didesain dengan overhang depan dan belakang yang pendek, namun dengan wheelbase yang panjang, memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi pengemudi dan penumpang.

Ia memiliki jarak sumbu roda terpanjang di kelasnya yaitu 2750 mm, ruang kaki terluas 1022 mm, dan sudut bukaan pintu terluas hampir 90 derajat.

Dari segi handling, mobil berbasis AEP ini memiliki rasio bobot hingga 50:50 sehingga memberikan nuansa berkendara ala mobil sport. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top