Jokowi dan Megawati Peringati Harlah Pancasila di Tempat Berbeda, PDI-P: Komplementer Satu Sama Lain

ENDE, virprom.com – Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan meski berbeda daerah akan memperingati hari lahir (harlah) Pancasila pada 1 Juni 2024, Ketua Umum PDI-P sekaligus Ketua Badan Pengurus Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. (BPIP) Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo saling mendukung.

Megawati diketahui memperingati Pancasila tahun ini di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), sedangkan Jokowi berada di Rokan (Dumai, Riau).

Menurut Hasto, semangat yang ingin dibawanya pada tugu Harlah di Duma sama dengan di Ende.

Baca juga: Sesampainya di Ende, Megawati disambut tarian Toja Pala di depan Harlah Pancasila

“Kegiatan BPIP dilakukan di Riau, Dumai, dan juga menghidupkan kembali semangat kedaulatan di bidang energi, karena Pancasila diciptakan untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri, mandiri di bidang perekonomian, dan mempunyai kemanusiaan dalam kebudayaannya. satu sama lain,” kata Hasto yang ditemui pada Jumat (31/05/2024) di rumah pengasingan Bung Karno di Ende.

Hasto pun menjelaskan alasan Megawati memutuskan memperingati Pancasila di Ende tahun ini.

Megawati ingin peringatan Pancasila digelar di Ende untuk menunjukkan api perjuangan Bung Karno menghadapi tantangan berat.

Maka itulah gunanya menggali seluruh ruh pemikiran Bung Karno yang menurut Bung Karno adalah penjara terbuka, kata Hasto.

Seperti diketahui, Soekarno diasingkan dari Ende pada tahun 1934-1938. Di pengasingannya, Soekarno mengorganisir demonstrasi panjang tentang Pancasila. 

Baca juga: Megawati Hadiri Harlah Pancasila di Ende, Rumah Deportasi Bung Karno untuk Diperbaiki.

Meski mengenang harlah Pancasila, lanjut Hasto, Megawati juga datang ke Ende untuk menyambut rakyatnya sebagai ketua umum PDI Perjuangan.

Hasto juga mengatakan, PDI-P mempunyai kantor cabang eksekutif (DPC) baru di Ende.

Saat berkunjung ke kantor DPC PDI-P Ende, Megawati tak hanya akan disambut pihak berhidung putih saja.

“Dengan demikian nanti, tidak hanya warga PDI Perjuanga saja, pendukung PDI Perjuanga yang kita dapatkan, tapi seluruh warga yang melakukan perjalanan ke Ende, tempat pengasingan Bung Karno, bisa singgah di kantor PDI Perjuanga. Rumah rakyat,” dia menyimpulkan. .

Baca juga: Megawati Kenang Drama Dr Setan Bung Karno Saat Diusir dari Ende

FYI: Pada peringatan Harlah Pancasila tahun lalu, Megawati dan Jokowi berada di tempat yang sama, tepatnya di lapangan selatan Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

Besok pagi, Sabtu (1/6/2024), Megawati rencananya akan menggelar peringatan Pancasila di Lapangan Pancasila Ende.

Megawati dalam acara tersebut akan didampingi sejumlah petinggi DPP PDI Perjuangan serta mantan calon Presiden dan Wakil Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Dengarkan berita terpenting dan penawaran berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran media favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top