Berapa VRAM yang Diperlukan untuk Main Game PC di 2024?

virprom.com – Kartu grafis komputer modern dilengkapi dengan konfigurasi memori yang berbeda (VRAM, video RAM), dari 8 GB yang paling banyak tersedia, 12 GB, 16 GB, bahkan hingga 24 GB untuk model kelas atas.

Terkadang ada kartu grafis yang memiliki unit pemrosesan grafis (GPE) yang sama tetapi kapasitas memorinya berbeda. Misalnya saja GeForce RTX 4060 Ti yang tersedia dalam versi 8 GB dan 16 GB.

Opsi kinerja VRAM ini dapat membingungkan calon konsumen yang ingin membeli kartu grafis baru untuk game PC. Memangnya berapa kapasitas VRAM yang dibutuhkan untuk bermain di tahun 2024? Apa itu VRAM?

Selain memori utama (RAM, Random Access Memory), kartu grafis pada komputer juga mempunyai memori tersendiri yang biasa disebut VRAM. Jenis memori yang biasa digunakan sebagai VRAM adalah Graphics Double Data Rate (GDDR) yang kini telah mencapai generasi keenam.

VRAM bertanggung jawab untuk menyimpan data grafis – seperti tekstur dalam game – yang diproses oleh GPU. Besaran VRAM yang dibutuhkan bergantung pada banyak faktor, seperti resolusi, pengaturan kualitas grafis dalam game, dan efek khusus seperti ray tracing yang juga memakan memori.

Baca juga: Pelajari VRAM yang Penting untuk PC Gaming dan Cara Mengoptimalkannya

Jika VRAM pada kartu grafis tidak cukup untuk menerima data grafis, maka bisa saja terjadi berbagai masalah yang dapat mengganggu kenyamanan bermain game. Dalam hal kualitas layar, misalnya, jumlah VRAM yang tidak mencukupi dapat menyebabkan anomali grafis seperti tekstur yang hilang atau buram.

Dari segi performa, efek yang umum terjadi adalah stuttering alias framerate yang tiba-tiba turun saat GPU mencoba mengambil data yang tidak muat di RAM. Cara mengecek kapasitas VRAM kartu grafis komputer

Ada beberapa cara untuk mengecek kapasitas VRAM yang tersedia pada kartu grafis. Pengguna dapat meluncurkan alat DxDiag (DirectX Diagnostic) yang ada di dalam Windows dengan mencari “dxdiag” di bilah tugas.

Saat Anda menjalankan DxDiag, klik tab “Display” atau “Display 2” untuk melihat properti kartu grafis diskrit Anda. Jumlah kapasitas VRAM dalam megabyte akan dicantumkan di bawah judul “Display Memory”.

Baca juga: Apa itu VRAM untuk Video Card dan Berapa Kebutuhannya untuk Video Game?

Cara lain adalah dengan menggunakan alat pihak ketiga. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah GPU-Z dari TechPowerUp, yang dapat Anda unduh dari tautan ini.

Saat dibuka, GPU-Z akan menampilkan informasi kapasitas VRAM kartu grafis Anda pada tab utama (Graphics Card) di samping keterangan “Memory Size”. 8GB itu kecil

Karena jumlah VRAM yang digunakan ditentukan oleh pengaturan grafis, kinerja yang diperlukan bergantung pada pengaturan perangkat keras dan preferensi pengguna. Apakah Anda menggunakan monitor 1080p atau 4K? Pengaturan grafis “dikoreksi ke kanan” atau rendah?

Namun secara umum, seperti dirangkum KompasTekno dari XDA Developers, Rabu (24/07/2024), kapasitas VRAM 8 GB saat ini bisa dikatakan terbatas dan tidak mencukupi lagi kecuali untuk menjalankan game-game lama atau grafis rendah. pengaturan ke resolusi rendah.

Baca juga: Samsung memperkenalkan memori GDDR7 untuk kartu grafis generasi berikutnya

Beberapa game baru seperti The Last of Us Part 1 dan Hogwarts Legacy rentan terhadap masalah kinerja dengan VRAM 8 GB saat ray tracing diaktifkan, bahkan pada resolusi 1080p.

Pengujian TechSpot dengan GeForce RTX 4060 Ti 16GB dan 8GB menunjukkan bahwa VRAM 8GB memang mampu memperlambat GPU di berbagai game modern, terutama saat diuji di setting grafis tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top