Tank Israel Serbu Beberapa Kota di Gaza, 34 Warga Palestina Tewas

JALUR GAZA, virprom.com – Tank Israel yang didukung serangan udara menyerang beberapa kota di Jalur Gaza pada Minggu (28/7/2024), menewaskan 34 warga Palestina.

Pasukan Israel diketahui terus melanjutkan operasinya untuk menyerang Hamas setelah memerintahkan evakuasi warga sipil seminggu lalu.

Namun, tank-tank membanjiri kota al-Qarara, al-Zanna dan Bani Suhaila, sebelah timur Khan Younis, di mana petugas medis mengatakan sedikitnya 34 warga Palestina tewas dalam serangan Israel.

Baca juga: Warga Gaza Ini Berbagi Pengalaman Melahirkan di Jalan Saat Perang,

Warga melaporkan pertempuran sengit ketika ribuan warga Palestina, yang terpaksa mengungsi beberapa kali, pindah ke daerah padat penduduk di al-Mawasi, barat daya Khan Yunis, dan utara ke Deir al-Balah di Jalur Gaza tengah.

Hari-hari pertempuran di Khan Younis menggarisbawahi perlawanan sengit yang dihadapi pasukan Israel hampir 10 bulan setelah serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel yang memicu perang Gaza.

Israel menyalahkan Hamas karena menyembunyikan anggotanya di wilayah sipil dan mengatakan tentara Israel melakukan segala kemungkinan untuk membatasi korban sipil.

Namun Philip Lazzarini, kepala Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Palestina, mengatakan perintah evakuasi tentara Israel hanya menambah penderitaan warga Palestina.

“Biasanya masyarakat hanya punya waktu beberapa jam untuk berkemas dan memulai kembali, kebanyakan berjalan kaki atau naik kereta keledai yang padat bagi mereka yang mampu,” ujarnya dalam postingan di platform media sosial X, seperti dikutip Reuters, Senin. (29.7.2024).

Media lokal melaporkan bahwa lima orang, termasuk seorang bayi perempuan berusia empat bulan, tewas dalam serangan udara di kamp al-Mawasi.

Faktanya, ini adalah distrik yang ditetapkan sebagai zona keamanan kemanusiaan.

Militer Israel mengatakan pihaknya mengetahui laporan tersebut dan sedang menyelidikinya.

Israel melancarkan operasi di Khan Yunis sebagai tanggapan atas apa yang dikatakannya sebagai serangan berulang-ulang, termasuk tembakan roket, yang dilakukan kelompok bersenjata.

Pertempuran juga berlanjut di wilayah lain, termasuk Rafah dekat perbatasan dengan Mesir, pinggiran Tel al-Hawa di Kota Gaza, di utara wilayah tersebut, dan Gaza tengah.

Baca juga: Serangan ke Sekolah Israel di Gaza, 30 Tewas, 100 Luka-luka

Di sana, militer memerintahkan evakuasi segera dan relokasi warganya demi keselamatan mereka. Dengarkan berita dan cerita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top