Bethsaida Hospital Hadir di Cilegon, Lengkapi Fasilitas Kehatan Ibu dan Anak

virprom.com – RS Bethsaida Serang di Cilegon Timur akan segera menjadi fasilitas kesehatan pelengkap Kabupaten Serang dan Cilegon. Hal ini menjadi angin segar bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Dulu, warga Silegonia harus menjangkau fasilitas kesehatan di kota-kota besar yang jaraknya cukup jauh. Selain menghabiskan waktu, mereka juga harus bersiap menghadapi biaya yang lebih tinggi.

Berdirinya RS Bethsaida Serang menjadi harapan baru bagi masyarakat khususnya ibu dan anak. Sebab hingga saat ini sistem kesehatan di Banten masih terbatas.

Perlu diketahui, koridor Serang-Cilegon merupakan kawasan yang tumbuh dan berkembang pesat. Jumlah penduduknya mencapai 1,6 juta jiwa pada tahun 2020 dengan rata-rata laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,4 persen per tahun.

Baca juga: Bisnis Rumah Sakit Semakin Menjanjikan, Paramount akan Buka Bethsaida Serang pada 2024

Dinas Kesehatan Banten menyatakan kebutuhan layanan kesehatan, khususnya tempat tidur, di wilayah Serang dan sekitarnya masih rendah. Hanya tersedia 766 tempat tidur, 60 persen di antaranya berada di rumah sakit pemerintah dan sisanya milik swasta.

“Kalau mengacu pada standar pelayanan kesehatan Kementerian Kesehatan, rasio tempat tidur rumah sakit di Indonesia adalah 1,17 per 1.000 penduduk. Ini yang menjadi alasan Bethsaida membangun rumah sakit di Serang,” kata Direktur RS Bethsaida Dr Pitoyo Yap dalam keterangannya. diperoleh Kompas .com Rabu (31/7/2024).

FYI, RS Bethsaida Serang rencananya akan dibuka pada Agustus 2024. Rumah sakit ini memberikan layanan kesehatan berkualitas dengan fasilitas pasien rujukan BPJS untuk masyarakat Kabupaten Serang, Kota Serang, Cilegon, Lebak dan sekitarnya.

Rumah sakit ini merupakan rumah sakit kedua yang dikembangkan oleh PT Bethsaida Hospital International setelah RS Bethsaida Gading Serpong Tangerang yang dibangun pada tahun 2012.

RS Bethsaida Serang terletak di dekat pintu keluar Cilegon Timur dengan luas 9.165 m2 dengan luas bangunan kurang lebih 8.000 m2 terdiri dari 9 lantai.

Rumah sakit swasta tipe C Plus ini diharapkan mampu menampung 4.900 pasien per tahun. Harapan baru bagi masyarakat

RS Bethsaida Serang diharapkan didukung oleh 120 dokter spesialis berpengalaman. Mirip dengan fasilitas RS Bethsaida Gading Serpong, RS Serang menawarkan layanan kesehatan umum dan khusus.

Namun pelayanan terpenting tetap ada di empat bidang, yaitu perinatologi – pelayanan kesehatan ibu dan anak sebelum, selama dan setelah kelahiran, kemudian dokter gigi dan dokter spesialis penyakit dalam mulut, endokrin dan kardiovaskular yang menangani penyakit jantung dan pembuluh darah.

“Pemerintah daerah prihatin dengan banyaknya kasus gagal jantung dan kematian di Serang dan sekitarnya,” jelas dr. Pitoyo Yap.

Dr. Pitoyo juga menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan pusat gawat darurat dan serangan jantung untuk layanan medis darurat tingkat tinggi dan pengobatan serangan jantung tingkat lanjut yang dilengkapi dengan 128 Slice CT scan dengan AI untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi diagnosis. Teknologi pulsa SCA.

Teknologi ini memungkinkan pemeriksaan hanya satu detak jantung dengan tingkat radiasi minimal.

“Rumah sakit ini juga kami lengkapi dengan laboratorium kardiovaskular untuk melakukan kateter dan prosedur jantung,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasana menyambut baik kehadiran RS Bethsaida Serang untuk memperluas cakupan pelayanan kesehatan kepada warganya.

Ia berharap RS Bethsaida Serang mampu meningkatkan ekosistem pelayanan kesehatan dengan infrastruktur yang lebih baik, sumber daya medis yang memadai, dan prosedur administrasi yang efisien.

“Kami (pemerintah) menggunakan anggaran untuk fokus pada keterjangkauan, sementara sektor swasta berinvestasi untuk meningkatkan kualitas dan akses terhadap layanan kesehatan. “Kami berharap rumah sakit swasta lain dapat meniru Bethsaida dan menyelamatkan banyak nyawa,” kata Tatu. Dengarkan berita dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top