Deretan Tanda dan Gelar Kehormatan yang Diterima Prabowo dalam 5 Tahun Terakhir

JAKARTA, virprom.com – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan) dan 2024-2029 Presiden terpilih Republik Indonesia Prabowo Subianto baru saja menerima Bintang Kehormatan Bhayangkara Utama dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Penganugerahan tanda kehormatan tersebut berlangsung dalam acara resmi yang diawali dengan sambutan Prabow Subianto oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabow di Komisariat Polri, Kamis (20/06/2024).

Namun upacara Bintang Kehormatan digelar secara tertutup di Mabes Polri di Rupatam, Jakarta.

Perlu diketahui bahwa Bintang Bhayangkara Utama adalah tanda kehormatan pemerintah yang diberikan kepada mereka yang dianggap telah memberikan pengabdian luar biasa di atas dan di luar panggilan tugas untuk kemajuan Polri.

Gelar kehormatan tersebut dapat diberikan kepada Presiden dan Wakil Presiden, Kapolri, Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat, Menteri dan pejabat setingkat Menteri, serta Kepala Staf. Negara-negara lain.

Baca Juga: Dianugerahi Bintang Bhayangkara Utama, Prabowo: Terima Kasih Kapolri, Suatu Kehormatan

Sementara itu, diketahui, ini bukan kali pertama Prabowo mendapat tanda kehormatan dan gelar selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Berikut penghargaan dan penghargaan lain yang diterima Prabowo Subianto dalam lima tahun terakhir: Bintang Kehormatan Militer 4

Prabowo diketahui memiliki empat bintang utama militer: Bintang Yuda Dharma Utama, Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Jalasena Utama, dan Bintang Swa Buwana Paksa Utama.

Penganugerahan bintang kehormatan empat bintang oleh Panglima TNI dan tiga kepala staf di Ruang Hening Kementerian Pertahanan pada tahun 2022 diberikan kepada Prabowo. 15 Agustus

Mengutip dari situs resmi Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, Bintang Yudha Dharma Utama menerima penghargaan dari Panglima TNI Jenderal TNI Andik Perkas.

Baca Juga: Alasan Polri Menganugerahi Penghargaan Bintang Prabob Bhayangkara Utama: Pelayanan Luar Biasa

Bintang Kartika Eka Paksi Utama itu kemudian diundang oleh Kepala Staf Umum (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrahman. Bintang Jalasena Utama kemudian disematkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama oleh Kepala Staf Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Penganugerahan Bintang Yudha Dharma Utama kepada Menteri Pertahanan Prabow berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 13/Tk/2022.

Bintang Yudha Dharma merupakan tanda kehormatan pemerintah untuk menghormati bhakti terhadap dharma yang manfaatnya benar-benar dirasakan oleh bangsa dan negara.

Sedangkan Bintang Kartika Eka Paksi Utama merupakan tanda kehormatan yang diberikan pemerintah untuk menghargai jasa-jasa prajurit yang luar biasa bagi kemajuan dan perkembangan TNI.

Baca juga: Panglima TNI Tawarkan Kenaikan pangkat kepada Prabowo menjadi Jenderal Kehormatan Bintang 4, Ini Aturannya

Kemudian bintang utama Jalasena adalah Bintang Kehormatan, yang diberikan atas kesetiaan, kemampuan, kebijaksanaan, dan pengabdiannya di atas dan di luar tugas angkatan laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top