Riset Counterpoint: Pasar Smartphone Global Tumbuh, Xiaomi Paling Pesat

virprom.com – Pasar smartphone di dunia menunjukkan tren positif. Pada kuartal kedua tahun 2024 (Q2 2024), yang dilaporkan oleh firma riset pasar Counterpoint Research, volume penjualan ponsel pintar global meningkat sebesar 6 persen year-on-year (YoY/YoY).

Dalam penelitian ini Counterpoint menampilkan data berdasarkan jumlah penjualan. Jika penjualan adalah jumlah pengiriman dari produsen ke distributor, maka penjualan adalah jumlah penjualan dari distributor ke konsumen, sedangkan penjualan adalah jumlah yang mencakup seluruh proses. Artinya sama dengan jumlah penjualan di data penjualan.

Counterpoint mengatakan pertumbuhan pada April-Juni menandai pertumbuhan kuartal ketiga berturut-turut. Faktor pendorongnya adalah sentimen konsumen yang sebaiknya dianggap sebagai faktor makroekonomi.

Pasar Eropa dan Amerika Latin merupakan pasar dengan pertumbuhan tercepat selama periode ini. Masing-masing mencapai pertumbuhan dua digit dibandingkan tahun sebelumnya berkat peningkatan daya beli. Namun, Counterpoint tidak menentukan persentase apa pun.

Menurut Counterpoint, pasar negara berkembang, terutama di Amerika Latin dan Asia, juga berkinerja baik dibandingkan dengan negara-negara maju. Pada saat yang sama, Tiongkok menunjukkan kinerja positif yang didorong oleh kebangkitan merek Huawei dan festival belanja lokal.

Baca juga: Canalys Research: Pasar ponsel global tumbuh tiga kuartal berturut-turut

Menurut Tarun Pathak, Direktur Riset Counterpoint, pertumbuhan positif penjualan ponsel pintar selama tiga kuartal berturut-turut merupakan kabar baik bagi industri.

Pathak juga termasuk vendor ponsel pintar yang merespons cepat dalam memenuhi kebutuhan konsumen dengan produk-produk baru yang menarik, seperti ponsel dengan kamera resolusi tinggi dan ponsel pintar 5G yang terjangkau. Beberapa fitur tersebut juga diperkirakan akan meningkatkan permintaan smartphone di periode mendatang.

“Kami melihat peningkatan fitur seperti desain (Color-Material-Finish/CMF), kamera megapiksel tinggi, dan 5G terjangkau yang menurut kami akan semakin meningkatkan permintaan,” kata Pathak.

Pathak juga menyatakan pihaknya optimistis dengan kinerja pasar smartphone pada kuartal mendatang. Counterpoint memperkirakan pertumbuhan pasar smartphone selanjutnya sebesar 4 persen, dihimpun KompasTekno dari situs resmi Counterpoint, Senin (22/7/2024).

Pendapatan vendor ponsel juga diperkirakan akan meningkat di masa depan berdasarkan popularitas ponsel premium seperti ponsel diskon dan ponsel yang didukung fitur kecerdasan buatan (AI). 5 vendor ponsel pintar teratas di dunia

Dalam laporannya, Counterpoint juga merangkum lima besar vendor smartphone dunia pada kuartal II tahun 2024. Daftar tersebut sebenarnya masih sama dengan kuartal lalu, dimana Samsung menduduki posisi teratas.

Menurut perusahaan riset tersebut, Samsung berhasil mempertahankan kinerjanya musim ini didorong oleh kuatnya penjualan seri Galaxy S24. Selain itu, sejumlah model baru dari seri Galaxy A juga dinilai turut berkontribusi terhadap kinerja Samsung pada periode terkait.

Apple berada di posisi kedua di belakang Samsung, didorong oleh penjualan yang kuat di Eropa dan Amerika Latin. Penjualan di wilayah tersebut mengimbangi penurunan penjualan iPhone di Amerika Serikat dan Tiongkok, yang bersaing dengan Huawei.

Namun penjualan iPhone baru yang biasanya dirilis pada September diperkirakan akan meningkatkan permintaan.

Kemudian Xiaomi di posisi ketiga. Meski berada di peringkat ketiga, namun Xiaomi menjadi penjual dengan pertumbuhan paling cepat dibandingkan merek lain. Tingkat pertumbuhannya sebesar 22 persen, didorong oleh seri Redmi 13 dan Note 13 yang populer serta model lainnya.

Sedangkan Vivo menempati peringkat keempat di belakang Xiaomi. Meski terbilang sangat kecil, Counterpoint mengklaim Vivo memimpin dua pasar smartphone terbesar di dunia, yakni China dan India. Pertumbuhan Vivo sendiri mencapai 9 persen pada kuartal II 2024.

Di posisi terakhir dalam daftar 5 merek smartphone teratas dunia adalah Oppo. Pertumbuhan Oppo turun 16 persen dibandingkan kuartal II 2023.

Baca juga: Top 5 Vendor Smartphone Global Q2-2024, Top Samsung

Menurut penjelasan Counterpoint, Oppo fokus meningkatkan profitabilitas perusahaan dengan merilis smartphone kelas menengah dan atas.

Upaya ini sebenarnya menjadi tantangan tersendiri dan berdampak pada pangsa pasar perusahaan dalam jangka pendek. Namun firma riset ini menilai praktik tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang lebih baik.

Berikut daftar lima besar vendor smartphone dunia kuartal II 2024. Samsung – 20 persen Apple – 16 persen Xiaomi – 14 persen Vivo – 8 persen Oppo – 8 persen Brand Q2 2021 Q2 2022 Q2 2023 Q2 2024 Samsung 19 persen 22 persen 21 persen 20 persen Apple 15 persen 16 persen 17 persen 16 persen Xiaomi 15 persen 13 persen 12 persen 14 persen Vivo 10 persen 9 persen 8 persen 8 persen Oppo 12 persen 10 persen 10 persen 8 persen 8 persen Lainnya 29 persen 30 persen 31 persen 33 persen

Secara keseluruhan, pangsa pasar gabungan dari lima merek teratas mengalami penurunan dibandingkan kuartal kedua tahun 2023. Menurut Counterpoint, hal ini disebabkan meningkatnya persaingan antar merek, antara lain dari Huawei, Honor, Motorola, dan Transsion Group (Infinix, Tecno, Itel).

Huawei mendapat sambutan hangat di negara asalnya, China. Sementara itu, Honor dan Tecno memilih untuk berekspansi ke lebih banyak wilayah, sehingga meningkatkan persaingan di pasar ponsel pintar global. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top