Olimpiade 2024, Hari Kedua Latihan Triatlon Batal karena Sungai Seine Tercemar akibat Hujan

PARIS, virprom.com – Penyelenggara Olimpiade Paris 2024 membatalkan latihan triathlon hari kedua di Sungai Seine karena tercemar hujan lebat.

Pelatihan yang semula dijadwalkan berlangsung pada Senin, 29/7/2024, namun dibatalkan karena kualitas air yang tidak memadai.

Meski demikian, pihak penyelenggara yakin perebutan medali akan digelar pekan ini juga.

Baca Juga: La Memo Paris Finis Ketiga di Tur Repechage Olimpiade, Faktor Angin Masuk

Triathlon merupakan event olimpiade pertama yang diadakan di Sungai Seine, disusul renang maraton pada minggu kedua olimpiade.

Latihan renang yang dijadwalkan pada Minggu (28/7/2024) juga dibatalkan karena tingkat polusi.

Triatlon tunggal putra rencananya akan dimulai pukul 08.00 WIB pada Selasa, 30/7/2024, sedangkan pertandingan tunggal putri akan digelar keesokan harinya.

Menurut kantor berita AFP, kualitas air Sungai Seine bergantung pada jumlah hujan yang turun di Paris dan sekitarnya.

Hujan deras, seperti saat upacara pembukaan Olimpiade pada Jumat (26/7/2024), menyebabkan sampah yang tidak diolah masuk ke saluran air.

Namun, penyelenggara Olimpiade Paris 2024 dan Triathlon Dunia yakin kualitas air akan membaik sebelum kompetisi dimulai pada Selasa, mengingat prakiraan cuaca selama 48 jam ke depan.

Baca Juga: Hasil Selancar Olimpiade 2024, Rio Tandang

Setelah hujan lebat pada hari Jumat dan Sabtu, matahari kembali menyinari ibu kota Prancis pada Minggu pagi.

Karena mata air yang sangat basah yang berlanjut hingga awal musim panas, Sean terus gagal dalam tes air hingga awal Juli.

Tingkat bakteri E.Coli, yang merupakan indikator polusi, terkadang bisa mencapai sepuluh kali lipat dari batas yang diperbolehkan.

Dengan demikian, penyelenggara Olimpiade Paris 2024 berhak menunda perhelatan renang luar ruangan selama beberapa hari jika terjadi hujan.

Sebagai upaya terakhir, mereka akan membatalkan triatlon dan memindahkan maraton ke timur Paris ke Vieres-sur-Marne di Sungai Marne.

Pemerintah Prancis telah menginvestasikan 1,4 miliar euro (Rs 24,76 triliun) selama satu dekade terakhir untuk membersihkan Sungai Seine.

Pada 17 Juli 2024, Walikota Paris Anne Hidalgo berenang di Sungai Seine bersama ketua penyelenggara Olimpiade Paris Tony Estanguet untuk menunjukkan bahwa sungai tersebut siap untuk Olimpiade.

Baca Juga: Klasemen Medali Olimpiade Paris: Jepang Kalahkan Australia Ke Posisi Pertama Dengarkan berita terhangat dan berita favorit kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top