Jangan Kebiasaan Jari Selalu Menempel di Tuas Rem Depan Motor

Jakarta, virprom.com – Posisi tangan menjadi salah satu faktor penentu keselamatan saat mengendarai sepeda motor. Oleh karena itu penting untuk mengatur posisi tangan dan tubuh sebelum mengendarai sepeda motor.

Direktur Promosi Keselamatan Berkendara Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani mengatakan, pengereman yang benar mencakup upaya untuk tetap aman dalam mengendarai sepeda motor.

Namun, berdiri dengan jari di atas tuas rem depan justru dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca juga: Ini Posisi Tuas Transmisi Otomatis yang Benar Saat Berkendara di Tanjakan

“Jika ada potensi bahaya di jalan, misalnya orang menyeberang jalan sembarangan, maka otak akan mengirimkan sinyal refleks untuk mengerem semaksimal mungkin,” kata Agus kepada comps.com, Jumat (24/05/2024). “

Menurutnya, jika pengemudi merasa gugup dan menekan tuas rem depan dengan keras, risiko kecelakaan bisa meningkat.

“Dalam keadaan panik, kemungkinan tuas throttle tidak menutup sempurna. Sementara itu, jari-jari tangan kanan dengan jelas menarik tuas rem,” kata Agus.

Baca juga: Hidrofoil Bikin SUV Makin Rentan, Belajar dari Fortuner Berpengalaman

Jika hal ini terjadi, besar kemungkinan sepeda motor akan terus melaju dan pengereman menjadi tidak maksimal.

Kemungkinan terburuknya adalah pengemudi terjatuh karena ban depan terkunci atau selip akibat sensitivitas rem depan yang tinggi.

“Jadi agar tetap aman saat mengendarai sepeda motor, hindari meletakkan jari pada tuas rem depan,” kata Agus. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top