Megawati Kritik Revisi UU MK, PDI-P Pertimbangkan Layangkan Nota Keberatan Saat Paripurna DPR

JAKARTA, virprom.com – Sekretaris Partai PDI Perjuangan di DPR Bambang Wuryanto mengatakan, Partai PDI Perjuangan akan mengikuti instruksi partai untuk menyetujui perubahan undang-undang Mahkamah Agung ( MK).

“Kami ikuti perintah partai,” kata Bambang kepada wartawan, Senin (27/5/2024).

Ia menambahkan, PDI Perjuangan berniat mengajukan dokumen protes (Minderheit Nota) jika RUU Mahkamah Konstitusi disahkan dalam rapat paripurna DPR RI.

“Kami (menyerahkan) Mandaritha (surat protes),” ujarnya.

Baca Juga: Megawati Tolak Amandemen MK dan Ungkap di Depan Puan

Rencana Mahkamah Konstitusi untuk mengubah undang-undang tersebut belakangan mendapat perhatian karena dilaksanakan dengan hati-hati oleh DPR dan pemerintah.

Melansir Harian Kompas, pembahasan reformasi digelar di Hotel Ritz-Carlton Jakarta pada Selasa-Rabu (28-29/11/2023) untuk membayar jabatan Komisi III.

Amandemen konstitusi ini tidak masuk dalam daftar prioritas nasional (Prolegnas) tahun 2023. 

Saat reses, DPR dan pemerintah diam-diam membahas rancangan perubahan UU Mahkamah Konstitusi Keempat dan sepakat untuk membawanya ke rapat paripurna.

Isi amandemennya lagi-lagi persoalan terkait masa jabatan dan usia hakim.

Hal ini dianggap sebagai cara untuk memecat hakim yang tidak sesuai dengan kepentingannya agar Mahkamah Konstitusi tidak membatalkan undang-undang yang dibuatnya.

Baca juga: Sorotan Pidato Megawati di Partai Kerja Nasional PDI-P yang Bicara Kecurangan Pemilu dan Kritik Reformasi Konstitusi yang Dilakukan Mahkamah Konstitusi.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri juga membeberkan cara amandemen UU Mahkamah Konstitusi yang dibahas saat reses.

Ia juga menghina putrinya Puan Maharani yang saat itu sedang bepergian ke Meksiko sebagai Ketua DPR RI.

“Kalau dilihat dari penggunaan undang-undang reformasi ketatanegaraan, menurut saya itu kurang tepat. Tiba-tiba (diucapkan) saat pemisahan,” kata Megawati dalam pidato politiknya pada pembukaan Rapat Aksi Nasional (Rakarnas) PDI Perjuangan. . . V), Jumat (24/5/2024). Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top