Apakah Boleh Makan Daun Kelor Malam Hari? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mengurangi risiko gangguan kesehatan tertentu. Lantas, bolehkah makan daun kelor di malam hari?

Ternyata daun kelor mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan dan bisa dikonsumsi kapan saja termasuk pada malam hari.

Namun asupan daun kelor per hari sebaiknya dibatasi atau tidak melebihi 70 gram, agar tidak mengalami efek samping tertentu seperti sakit perut dan mual.

Untuk itu, simak penjelasan dan ketahui beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan di bawah ini.

Baca juga: Berapa Daun Kelor yang Anda Makan Sehari? Begini penjelasannya… Bolehkah makan daun kelor di malam hari?

Yang pasti, daun kelor bisa dimakan kapan saja, bahkan di malam hari.

Seperti dilansir Healthline, daun pohon kelor mengandung beberapa vitamin dan mineral, antara lain vitamin C, B6, B2, A, dan magnesium yang dapat menunjang kesehatan tubuh.

Meski daun kelor dikonsumsi pada waktu berbeda termasuk malam hari, tubuh tetap bisa mendapatkan kandungan vitamin dan mineral tersebut.

Mengonsumsi daun pohon kelor umumnya aman dalam batas wajar, yakni kurang dari 70 gram per hari.

Sementara itu, mengonsumsi daun kelor dalam jumlah banyak dapat menimbulkan beberapa efek samping pada sebagian orang.

Seperti dilansir Eating Well, daun kelor memiliki beberapa efek samping bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, seperti: peningkatan risiko gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, dan sembelit; peningkatan risiko hemochromatosis, dimana kadar zat besi menumpuk di dalam tubuh sangat tinggi.

Beberapa efek samping di atas mungkin dialami karena kandungan fitat pada daun kelor.

Fitat merupakan zat alami pada daun kelor yang dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium.

Untuk itu, Anda disarankan untuk tidak meminum rebusan daun kelor setiap hari atau mengonsumsi daun kelor dalam jumlah banyak.

Baca juga: Adakah Efek Samping Daun Kelor? Berikut penjelasannya… Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Kandungan vitamin dan mineral pada daun kelor dapat menunjang kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara rutin.

Menurut laporan Medical News Today, daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti: Melindungi hati dari penyakit hati berlemak dan radang hati, Mengurangi risiko penyakit kanker seperti kanker payudara, hati, dan usus besar, Mengatasi sembelit, Mengurangi asam lambung sekitar 85%. persen sehingga dapat mencegah sakit maag, menghambat pertumbuhan patogen pemicu infeksi karena kandungan antibiotik dan antibakterinya, mencegah kolitis ulseratif dan melindungi saluran pencernaan dari kerusakan akibat bakteri yang menyebar melalui makanan. Mencegah aureus dan E.coli. Artritis, atau radang sendi Melindungi sistem saraf pusat dari gangguan neurodegeneratif dan gangguan mood, seperti multiple sclerosis, Alzheimer dan depresi Melindungi kesehatan jantung dengan mencegah pembentukan lipid dan peradangan Menyeimbangkan kadar gula darah dan insulin serta mencegah kerusakan organ. terutama pada pasien diabetes. Mengurangi gejala atau mencegah asma, bronkokonstriksi dan radang saluran nafas, mencegah penimbunan mineral penyebab batu ginjal, menurunkan tekanan darah tinggi. Menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata, mengobati dan mencegah anemia seperti anemia sel sabit

Sebelum melakukan kebiasaan ini, penting sekali untuk memahami apakah boleh memakan daun kelor di malam hari atau tidak.

Meski secara umum aman dan tidak akan menimbulkan efek samping yang serius, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum meminum air rebusan daun kelor setiap hari, terutama jika Anda memiliki riwayat kesehatan atau sedang mengonsumsi obat.

Pasalnya, daun kelor dapat menimbulkan beberapa efek samping dan menurunkan efektivitas obat yang dikonsumsi.

Baca Juga: Bolehkah Minum Daun Kelor Setiap Hari? Begini penjelasannya… Dengarkan pilihan berita dan headline terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top