Di Hadapan Jokowi dan Forum Parlemen RI-Pasifik, Puan: Indonesia Junjung Demokrasi serta Hargai HAM

JAKARTA, virprom.com – Presiden DPR Puan Maharani mengatakan Indonesia memiliki nilai yang sama dengan negara-negara Pasifik, termasuk negara kepulauan yang dikelilingi perairan dan lautan.

Hal itu disampaikan Puan saat membuka pertemuan Indonesia-Pacific Partnership (IPPP) di Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Dalam pernyataan yang disampaikannya kepada pers pada hari Kamis, Puan mengatakan, “Negara kami menjaga nilai-nilai demokrasi, menghormati hak asasi manusia dan mempraktikkan pemerintahan yang baik.”

Hal itu disampaikan Puan di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir pada acara pembukaan.

Baca Juga: Puan Hamzah Kenang Haji Sebagai Tempat Berteduh dan Pelukan

Puan mengatakan, sebagai negara kepulauan, Indonesia dan Pasifik juga menghadapi tantangan yang sama, misalnya ancaman perubahan iklim, bencana alam, dan tantangan pengelolaan lautan dan perairan.

Kesamaan tersebut, kata dia, dapat dimanfaatkan untuk menjalin hubungan baik ke depan dengan bekerja sama dalam isu-isu yang menjadi kepentingan bersama.

Dalam hal ini, landasan hubungan Indonesia dan negara-negara Pasifik adalah hubungan yang berdasarkan prinsip kesetaraan, penghormatan terhadap kemerdekaan dan keutuhan wilayah, serta hidup berdampingan secara damai,” kata Puan.

Ketua DPP PDI Perjuangan ini menegaskan, seluruh negara yang terlibat dalam IPPP mempunyai satu tempat dan dapat berdiri sejajar serta mengikuti hukum internasional dan sistem PBB.

“Sebagai keluarga besar di kawasan Pasifik, kita harus bekerja sama membangun rasa saling percaya dan pengertian untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas di kawasan,” ujarnya. 

Baca Juga: Masyarakat Sipil ke Puan Maharani: Kalau Peduli Rakyat, Jangan Bajak UU Perlindungan PRT

Hal ini dipandang sebagai suatu keharusan dalam persaingan yang sedang berlangsung antara negara-negara besar di kawasan.

Menurut dia, anggota IPPP harus berhati-hati agar kawasan Pasifik tidak menjadi ajang persaingan antar negara besar, dan tidak terjerumus dalam persaingan tersebut.

Berbagai tantangan yang dihadapi kawasan Pasifik ditegaskannya pada pertemuan IPPP kedua.

Puan memaparkan tantangan-tantangan tersebut seperti ketegangan nasional, ancaman konflik, kesenjangan, lambatnya pertumbuhan ekonomi global dan dampak pemanasan global.

“Sebagai persaudaraan di kawasan, Indonesia memahami urgensi untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Kunci untuk menghadapi tantangan tersebut adalah “kerjasama dan kerja sama” antar kita melalui diplomasi,” kata Puan. Dengarkan pemecahan masalahnya. berita kami dan berita pemilu langsung di ponsel Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top