Lenovo Luncurkan Yoga Portal, PC Mini Pesaing Mac Studio

virprom.com – Lenovo baru-baru ini meluncurkan produk baru bernama Yoga Portal di China, sebuah mini PC dengan cangkang berbentuk kotak yang berukuran kompak, hanya 195 x 191 x 108. Bobotnya juga ringan sekitar 3,5 kg.

Case Portal Yoga memiliki desain yang minimalis sehingga terlihat mirip dengan Mac Studio. Portal Yoga juga disebut-sebut akan bersaing dengan komputer mini besutan Apple.

Meskipun ukurannya kecil, Portal Yoga memiliki keunggulan karena Lenovo menggunakan komponen desktop standar. Prosesornya adalah Intel Core i7-14700 (20 core, 8P + 12E, turbo 5,4 GHz).

Baca Juga: Uji Fitur AI di Laptop Lenovo Yoga Slim 7x Copilot Plus, Ada Penerjemah 44 Bahasa

Kartu grafis yang digunakan juga bertenaga, berbasis GPU Nvidia GeForce RTX 4070 12GB GDDR6X dengan desain pendingin kipas khusus agar ringkas dan pas di dalam housing.

Komponen utama prosesor bisa diganti karena dipasang pada soket standar 1700 dengan chipset Intel Q670. Namun, kartu grafis tersebut mungkin sulit untuk diupgrade karena menggunakan desain khusus yang berbeda dari kartu grafis lain yang ada di pasaran.

Spesifikasi lainnya termasuk RAM DDR5 32 GB, SSD M.2 NVMe PCIe 4.0 1 TB, dan catu daya SFF 350 watt. Seperti halnya CPU, komponen RAM dan SSD juga dapat dengan mudah diganti atau ditambah.

Portal Yoga memiliki 4 slot M.2. Dua di antaranya untuk SSD, satu untuk WLAN, dan satu lagi untuk kartu NPU, yang dikenal sebagai akselerator AI dalam faktor bentuk M.2.

Baca juga: Laptop Lenovo Yoga Slim 7x AI kini sudah bisa dibeli di Indonesia, berikut harganya

Hal keren lainnya tentang Yoga Portal adalah mini PC ini menawarkan berbagai macam konektor. Di bagian depan terdapat konektor jack audio 3,5mm, dua buah USB A 3.2 Gen2 dan satu buah USB C 3.2 Gen2 x 2.

Di bagian belakang, seperti dihimpun KompasTekno dari VideoCardz, Senin (29/7/2024), terdapat empat konektor DisplayPort 1.4, dua HDMI 2.1, dua USB A 3.2 Gen1, satu RJ-45 (ethernet),

Yoga Portal sebenarnya adalah ThinkCenter Neo Ultra versi China yang pertama kali diperkenalkan pada CES 2024 dan diluncurkan pada awal Juli. Namun terdapat perbedaan spesifikasi di antara keduanya.

ThinkCenter Neo Ultra memiliki pilihan prosesor hingga Core i9-14900T, namun kartu grafisnya hanya Nvidia GeForce RTX 4060 8GB GDDR6. Sedangkan Portal Yoga hanya tersedia dalam satu konfigurasi spek seperti yang disebutkan di atas.

Penggemar ultra yoga harus merogoh kocek lebih dalam. Lenovo dijual di China dengan harga 17.999 Yuan atau sekitar Rs 40,5 crore. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top