TNI Siapkan Perekrutan Brigade Komposit yang Akan Dikirim ke Gaza

JAKARTA, virprom.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) sedang mempersiapkan rencana perekrutan brigade gabungan yang akan dikerahkan sebagai pasukan penjaga perdamaian di Jalur Gaza, Palestina.

Kepala Pusat Intelijen TNI (Kapuspen) Mayjen R Nugraha Gumilar mengatakan, pembentukan brigade gabungan akan melalui proses rekrutmen.

“Tentunya ada proses rekrutmen dan unit yang akan dipilih masih direncanakan,” kata Gumilar melalui pesan tertulis, Jumat (7/6/2024).

Gumilar mengatakan, brigade gabungan masih dalam proses perencanaan baik personel, peralatan, dan pendukung lainnya.

Baca juga: RI Akan Kirim Pasukan Penjaga Perdamaian, Tapi Tunggu Kesepakatan Israel-Palestina Dulu

“Semuanya masih direncanakan,” katanya.

Sebelumnya, Panglima TNI Agus Subiyanto mengatakan pasukannya akan dikerahkan sebagai pasukan penjaga perdamaian global di Jalur Gaza jika mendapat izin dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Hal itu diungkapkan Agus saat menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senan, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024).

Agus mengatakan, akan menyiapkan brigade gabungan yang terdiri atas batalyon pendukung, batalyon kesehatan, batalion insinyur, dan batalyon perbekalan.

Baca juga: Jokowi Prabowo Instruksikan Tenaga Kesehatan Kirim dan Operasikan RS Indonesia di Gaza

Kemudian, untuk perawatan langsung di lokasi konflik, TNI akan mengerahkan dua kapal rumah sakit yakni KRI Dr Radjiman Wedyodiningrat-992 dan KRI Dr Soeharso-990.

KRI Radjiman berkekuatan 163 personel dan memiliki fasilitas 160 tempat tidur pasien. Sedangkan KRI Soeharso mampu menampung 40 pasien dan mengangkut 500 personel. KRI Soeharso juga mampu membawa 14 kendaraan taktis dengan berat masing-masing maksimal 8 ton, Agus dikatakan.

Rumah Sakit Pusat TNI AD (RSPAD) Gatot Soebroto dan RS Panglima Besar Soedirman Kementerian Pertahanan juga disiapkan saat pasien asal Gaza didatangkan ke Indonesia. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top