Kenali Apa Itu Penyakit Meniere, Penyebab, dan Gejalanya

virprom.com – Penyakit Menière atau penyakit Ménière merupakan kelainan pada telinga bagian dalam yang menyebabkan pusing (bengkak) dan gangguan pendengaran.

Penyakit ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan keseimbangan. 

Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, namun lebih sering terjadi pada orang berusia 40 hingga 60 tahun.

Penyakit Meniere biasanya hanya menyerang satu telinga. Penyakit ini berlangsung lama, namun gejalanya tidak selalu muncul.

Lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui penyebab dan gejalanya. 

Baca Juga: Gejala, Penyebab dan Cara Menghindari Infeksi Telinga Penyebab Penyakit Ménière

Menurut Klinik Cleveland, telinga bagian dalam memiliki dua fungsi utama, mendengar dan menjaga keseimbangan. Kedua fungsi tersebut dapat bekerja karena adanya cairan endolimfe di telinga bagian dalam.

Pada penyakit Menière, terjadi penumpukan cairan endolimfe sehingga mengakibatkan gangguan pendengaran dan keseimbangan.

Penyebab utama penyakit Menière adalah penumpukan cairan endolimfe, yaitu cairan di telinga bagian dalam.

Namun, masih belum diketahui secara pasti kondisi apa yang dapat menyebabkan penumpukan cairan endolimfe.

Sejumlah faktor yang diduga meningkatkan risiko penyakit Menière antara lain: Drainase yang buruk akibat penyumbatan atau bentuk telinga yang tidak beraturan. Infeksi virus atau bakteri tertentu. Migrain. Alergi hormonal.

Baca Juga: Cara Terbaik Membersihkan Telinga Gejala Penyakit Meniere

Sejumlah gejala yang umum terjadi pada penderita penyakit Menière antara lain sebagai berikut: pusing atau vertigo, telinga berdenging atau bergemuruh (tinnitus), rasa penuh pada telinga, gangguan pendengaran sementara.

Durasi gejala di atas mungkin berbeda-beda pada setiap pasien. Ada yang hanya mengalaminya beberapa menit saja, namun ada juga yang mengalaminya hingga berjam-jam.

Kapan dan seberapa sering gejala penyakit Menière muncul juga berbeda-beda. Beberapa orang mengalami beberapa serangan per minggu, namun yang lain hanya mengalami satu serangan setiap beberapa bulan atau tahun.

Selain gejala-gejala yang disebutkan di atas, penyakit Menière juga dapat disertai beberapa gejala lain seperti: B. gangguan keseimbangan tubuh, sakit kepala, mual dan muntah, gangguan penglihatan, gelisah, badan gemetar, keringat dingin.

Penyakit Meniere adalah penyakit progresif. Artinya penyakit ini bisa menjadi lebih serius seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Bahaya Gendang Telinga Pecah yang Perlu Anda Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top