Misi Selesai, AS Akan Bongkar Dermaga Terapung Sementara di Gaza

GAZA, virprom.com – Pada Rabu (17/7/2024), militer Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa proyek terapung sementara di lepas pantai Gaza, Palestina, telah selesai dan akan dihapus.

Pembangunan pelabuhan kemanusiaan yang diikuti oleh sekitar 1.000 warga AS diumumkan oleh Presiden Joe Biden pada Maret 2024.

Bantuan mulai berdatangan pada bulan Mei untuk mencegah kelaparan yang disebabkan oleh perang Israel-Hamas yang telah berlangsung selama berbulan-bulan.

Baca juga: 500 Tenaga Kesehatan Tewas di Gaza, Termasuk Dokter yang Membutuhkan

Namun cuaca buruk dan masalah distribusi di Gaza membuat pelabuhan tersebut beroperasi sebagian dan hanya dapat beroperasi sekitar 20 hari.

“Eksploitasi laut terkait dermaga sudah berakhir. Jadi tidak perlu lagi menggunakan dermaga tersebut,” kata Wakil Laksamana Angkatan Laut Brad Cooper, dikutip Reuters.

Cooper menambahkan, distribusi bantuan Gaza melalui laut kini akan dikirim ke pelabuhan Ashdod di Israel.

Setidaknya 2.200 ton bantuan dari Siprus atau kapal akan dikirim ke Ashdod dalam beberapa hari mendatang.

Menurut Cooper, Amerika Serikat sejauh ini telah mengirimkan lebih dari 453 ton bantuan melalui Ashdod, dan dia yakin lebih banyak lagi yang dapat dikirim melalui pelabuhan tersebut.

Baca juga: 3 Serangan Udara Israel dalam Satu Jam Tewaskan 48 Orang di Gaza

Meskipun dermaga apung sementara sangat dibutuhkan di lepas pantai Gaza, lokasinya beberapa kali berubah karena cuaca buruk.

Perahu sepanjang 370 meter itu tidak digunakan sejak Juni karena kondisi laut yang sulit.

Program Pangan Dunia (WFP) PBB menghentikan operasi di wilayah tersebut pada bulan Juni karena masalah keamanan, sehingga memicu penumpukan bantuan di sepanjang Jalur Gaza.

PBB telah lama berpendapat bahwa kapal selam tidak dapat menggantikan akses darat.

Ia juga mengatakan bahwa jalur darat harus tetap menjadi elemen inti dari upaya bantuan di Jalur Gaza.

Baca Juga: Hanya Dalam 8 Hari, Israel Serang 5 Sekolah di Gaza… Dengarkan berita terkini dengan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top