Mengenal Nilai RON pada Bensin

JAKARTA, virprom.com – Setiap mesin pembakaran dalam (ICE) membutuhkan bahan bakar minyak (BBM), salah satunya adalah bensin.

Bensin juga bervariasi berdasarkan nilai RON (Research Octane Number) yang berfungsi sebagai indikator tingkat oktan dan kestabilan bahan bakar.

Baca Juga: Pembalap Motocross, Grasstrack Ini Juara Umum Dirt Game Trail Series 2024

Menurut laporan BP, peringkat RON mengacu pada tingkat tekanan yang tercipta selama pembakaran bahan bakar di mesin mobil.

Penting untuk diperhatikan RON karena mesin mobil atau sepeda motor mempunyai kompresi yang berbeda-beda dan bahan bakar dengan RON yang sesuai harus digunakan untuk mencapai pembakaran mesin yang optimal.

Singkatnya, tidak semua mesin mobil atau motor mampu memiliki RON tinggi dan sebaliknya. 

Baca Juga: MPV Mewah Bekas, Toyota Alphard Mulai Rp 161 Jutaan

Science Direct menjelaskan bahwa angka oktan merupakan ukuran kemampuan suatu bahan bakar dalam menahan pembakaran pada saat kompresi dan sebelum penyalaan dari busi.

Sederhananya, semakin tinggi nilai oktannya, maka bensin semakin mampu menahan tekanan tinggi dan tidak terbakar sebelum dinyalakan.

Proses ini penting karena jika RON terlalu tinggi maka bensin tidak akan terbakar pada waktu yang tepat. Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi pada mesin kompresi rendah meninggalkan bensin di dinding piston.

Sedangkan jika RON terlalu rendah pada kompresi mesin tinggi, maka bensin akan habis terbakar sebelum uap bensin tersulut oleh busi. Akibatnya suhu mesin cepat naik dan terjadi knocking.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Atas Nama Orang Lain di Samsut

Angka oktan pada bensin diukur berdasarkan dua turunan hidrokarbon, yaitu n-heptana dengan angka oktan 0 dan iso-oktan dengan angka oktan 100.

Misalnya campuran 70 persen iso-oktan dan 30 persen heptana memiliki angka oktan 70.

Ada dua cara untuk mengukur angka oktan bahan bakar di laboratorium. Metode ini dikenal dengan bilangan oktan kinetik (MON) dan bilangan oktan riset (RON).

  Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top