OpenAI Rilis “GPT-4o Mini”, Model AI Ringan, Pintar, dengan Harga Murah

virprom.com – OpenAI merilis model bahasa AI terbarunya atau GPT-4o Mini, pada Kamis (18/7/2024).

GPT-4o Mini hadir sebagai model AI yang lebih ringan dibandingkan GPT-4o yang diluncurkan Mei lalu. Artinya model GPT-4o Mini hadir untuk melakukan tugas sederhana.

Namun model AI ini dikatakan lebih efisien dan hemat biaya dibandingkan GPT-3.5.

GPT-4o Mini dilaporkan mendapat skor 82 persen pada skala Massive Multitask Language Comprehension (MMLU), sebuah tes inti dengan sekitar 16.000 pertanyaan pilihan ganda di 57 topik akademik.

Sementara itu, GPT-3.5 mendapat skor 70 persen pada metrik ini. Di sisi lain, model AI tercanggih OpenAI, GPT-4o, dilaporkan memperoleh skor 88,7 persen.

GPT-4o mendukung teks dan visi di mini API. Model ini memiliki jendela konteks 128 ribu, mendukung hingga 16 ribu tag keluaran per permintaan, dan memiliki basis pengetahuan hingga Oktober 2023.

GPT-4o Mini akan mendapatkan dukungan untuk input dan output teks, gambar, video dan audio (multimodal) di masa depan. Peningkatan ini akan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan model dalam cara yang lebih beragam, menjadikannya alat yang lebih lengkap untuk berbagai kegunaan. Harga murah

Di situs resminya, OpenAI menggambarkan GPT-4o Mini sebagai model AI yang paling nyaman. OpenAI membebankan biaya kepada GPT-4o Mini sebesar 15 sen per token masukan dan 60 sen per juta token keluaran.

Menurut OpenAI, harga GPT-4o Mini lebih murah dibandingkan model Frontier sebelumnya dan 60 persen lebih murah dibandingkan GPT-3.5 Turbo.

Dengan GPA-4o Mini, tujuan OpenAI adalah memberi pengembang sesuatu yang ringan dan terjangkau untuk membuat aplikasi dan alat yang tidak dapat ditawarkan oleh model yang lebih besar dan mahal seperti GPT-4.

“Saya rasa GPT-4o Mini benar-benar memenuhi misi OpenAI untuk menjadikan kecerdasan buatan lebih mudah diakses oleh lebih banyak orang. “Jika kita ingin AI digunakan di mana pun di dunia, di setiap industri, untuk setiap aplikasi, kita perlu membuat AI lebih mudah diakses,” kata Olivier Godement, Kepala Produk dan API di OpenAI.

Menggabungkan kekuatan, fleksibilitas, dan ekonomi, GPT-4o mini diharapkan menjadi alat yang berharga bagi banyak pengguna, terutama pengembang yang ingin membangun aplikasi AI dengan biaya rendah.

OpenAI bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk menguji GPT-4o Mini. Misalnya, startup fintech Ramp menggunakan GPT-4o Mini untuk membuat alat yang menangkap data biaya untuk pendapatan transaksi.

Jadi pengguna hanya perlu mengunggah gambar struknya. Alat Ramp kemudian akan merinci biaya pengguna.

Mencoba klien email Superhuman di GPT-4o Mini dan menggunakannya untuk menghasilkan saran otomatis untuk balasan email. Ganti GPT-3.5 di ChatGPT

Menurut laporan The Verge, pengguna ChatGPT di paket Free, Plus, dan Team bisa menggantikan GPT-3o menggunakan GPT-3o Mini mulai hari ini dari KompasTekno, Jumat (19/7/2024). Pengguna perusahaan akan memiliki akses minggu depan.

Artinya, GPT-3.5 tidak lagi menjadi pilihan bagi pengguna ChatGPT. Namun, model GPT-3o tetap tersedia bagi pengembang melalui API jika mereka memilih untuk tidak mengupgrade ke GPT-4o Mini.

Godement mengatakan bahwa GPT-3.5 akan dihapus dari API suatu hari nanti, namun tidak jelas kapan hal itu akan terjadi. Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top