Hari Ini, Polri Ekstradisi Buronan Paling Dicari di Thailand Chaowalit Thongduan

JAKARTA, virprom.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan menyerahkan buronan buronan Thailand, Chawalit Thongduan atau Pang Na Nod alias Sulaiman, ke Kepolisian Kerajaan Thailand, Selasa (6/4/2024).

Kepala Departemen Hubungan Internasional (HOPENTER) Polri Irjen Krishna Murti mengatakan Chawalit akan diangkut dengan pesawat pribadi melalui Bandara Soekarno-Hatta (Suita) di Tangerang pada pukul 15.00 WIB.

“Iya benar (akan diantar) jam 3 (sore) dari (bandara) Sweta dengan pesawat pribadi,” kata Krisna saat dikonfirmasi, Selasa (4/6/2024).

Baca Juga: 7 Bulan Kabur ke Indonesia, Buronan Thailand Pura-pura Jadi WN Aceh dan Bikin KTP Palsu

Menurut Krishna, sejumlah personel kepolisian juga akan memantau ekstradisi Chawalit ke Thailand.

Ia menambahkan, “Boron 1 Thailand didampingi 10 personel polisi.”

Diketahui, polisi menangkap Chawalit pada 30 Mei 2024 di Bali. Chawalit Thongduang telah berada di Indonesia selama tujuh bulan setelah melarikan diri dari penjara di Thailand.

Sebelum mengungsi ke india lewat Aceh, Chawalit Thongduang berangkat ke India.

Chaowalit Thongduang, alias Pang Na-Node, membuat identitas palsu, mulai dari akta kelahiran, KTP, hingga kartu keluarga, dan melarikan diri ke Indonesia selama tujuh bulan.

Baca Juga: Buronan Ingin Ditangkap di Thailand, Polisi Minta Gotong Royong Tangkap Freddy Pratama

Saat polisi menangkap Chawalit Thongduang di Bali pada 30 Mei 2024, mereka juga memperoleh bukti identitas palsu “Sulaiman”.

Tim gabungan memperoleh beberapa barang bukti yakni 4 buah ponsel, KTP palsu berupa KTP, KK, dan akta kelahiran atas nama Suleiman, warga Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh yang masuk nama Suleiman dan rekening BCA atas nama Suleiman dan anggota Bareskrim Polri, Komisaris Jenderal Wahyu Wadada, dalam jumpa pers di Mabes Polri Jakarta, Minggu (2/6), “Satu debit BCA kartu, satu kartu debit bank Thailand /2024.”

Wahyu menjelaskan, Chawalit Thongduang merupakan salah satu penjahat paling dicari di Thailand karena banyak melakukan kejahatan sebelum melarikan diri ke Indonesia, seperti membunuh polisi dan menembak anggota pengadilan.

Dijelaskannya, “Dasar penangkapan buronan ini adalah penyitaan red notice yang dikeluarkan Kepolisian Kerajaan Thailand pada 16 Februari 2024 atas nama Chawalit Thongduang alias Pang Na Nod.” Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top