Studi: Kepribadian Narsistik “Melunak” Seiring Bertambahnya Usia

virprom.com – Penelitian baru tentang ciri-ciri kepribadian menunjukkan bahwa orang narsistik menjadi lebih berempati, murah hati, dan baik hati seiring bertambahnya usia.

Menurut BBC News, sebuah penelitian terhadap lebih dari 37.000 orang menemukan bahwa meskipun rasa harga diri mereka mungkin meningkat, penderita narsisme tidak dapat “disembuhkan” sepenuhnya.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang lebih narsistik saat masih anak-anak cenderung tetap narsistik di masa dewasa.

Baca juga: Tips Dokter Mengenali Tanda-tanda Gangguan Kepribadian Narsistik

Apa itu narsisme dan bagaimana cara mengetahuinya?

Kata “narsisis” sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sulit atau tidak kenal kompromi.

Dokter menggunakan istilah ini untuk menggambarkan jenis gangguan kepribadian spesifik yang dapat didiagnosis.

Meskipun definisinya bisa berbeda-beda, tema umum di antara mereka yang menderita kondisi ini adalah keyakinan yang tak tergoyahkan bahwa mereka lebih baik atau lebih pantas dibandingkan orang lain, yang mungkin digambarkan oleh orang lain sebagai kesombongan dan keegoisan.

Baca Juga: Cara Mendiagnosis Gangguan Kepribadian Narsistik – Yang Perlu Anda Ketahui Penelitian yang dipublikasikan di Psychological Bulletin ini didasarkan pada data dari 51 penelitian sebelumnya yang melibatkan 37.247 peserta berusia antara 8 dan 77 tahun.

Peneliti mencari tiga tipe narsisis berdasarkan karakteristik perilakunya, yaitu: – Agency narsisis, yaitu orang yang merasa lebih unggul dari orang lain dan ingin dikagumi. – Orang narsisis antagonis, khususnya mereka yang melihat orang lain sebagai pesaing, bersifat eksploitatif dan kurang berempati. – Narsisis neurotik, yaitu orang yang mudah malu, minder, terlalu peka terhadap kritik.

 

Para peneliti memeriksa apa yang terjadi pada dimensi kepribadian ini dari waktu ke waktu berdasarkan survei dan menemukan bahwa, secara umum, skor narsisme menurun seiring bertambahnya usia.

Namun perubahannya kecil dan bertahap.

“Kabar baiknya adalah narsisme biasanya berkurang seiring bertambahnya usia. Kabar buruknya adalah dampaknya tidak terlalu besar. Jangan berharap narsisme meroket pada usia tertentu – kenyataannya tidak demikian,” kata Dr Tennyson Lee, konsultan psikiater di Dincross Personality Disorder Services di kawasan London, Inggris. Ikuti berita dan pilihan terbaru kami sekarang. pilih saluran di ponsel Anda. Dukungan Anda adalah dengan mengunjungi virprom.com. Berita saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top