18 Penyebab Mata Berlendir dan Buram, Ada Alergi dan Katarak

virprom.com – Banyak kondisi yang bisa menyebabkan mata memproduksi cairan berlebih, seperti alergi, infeksi, peradangan, atau gangguan kesehatan lainnya.

Sementara itu, kondisi kesehatan serius seperti katarak, glaukoma, dan retinopati diabetik dapat menyebabkan penglihatan kabur.

Sebaiknya dokter segera memeriksa Anda untuk mengetahui penyebab pasti mata berlendir dan keruh yang tiba-tiba sehingga Anda bisa mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini mengenai beberapa penyebab mata abu-abu dan keruh, serta kapan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Kenapa Mata Lengket Seperti Benang? Inilah 7 Alasan… Mata Lengket dan Berawan

Mata berlendir dan keruh bisa disebabkan oleh sejumlah kondisi kesehatan mulai dari yang ringan hingga serius.

Menurut Cleveland Clinic and Healthline, ada banyak penyebab mata bengkak dan buram yang mungkin Anda alami, antara lain: Adanya benda asing di mata yang menyebabkan peradangan, meningkatkan keinginan untuk berkedip, dan menghilangkan produksi air mata. Anda mengalami reaksi alergi, misalnya terhadap serbuk sari, debu, dan bulu hewan peliharaan. Anda menderita konjungtivitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus pada salah satu atau kedua mata, sehingga menyebabkan mata merah. Anda menderita peradangan kornea atau keratitis yang membuat mata menjadi keruh, merah, nyeri sekaligus meningkatkan produksi air mata. Infeksi atau peradangan berlebihan pada kelenjar lakrimal, yang menyebabkan pembengkakan dan produksi air mata berlebihan. Tumbuh ke dalam, atau tumbuh ke dalam, adalah bulu mata yang menyebabkan infeksi, seperti bengkak dan robek. . Anda menderita bintit di garis bulu mata, biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada kelenjar minyak di kelopak mata. Penyumbatan kelenjar air mata dapat menyebabkan blepharitis atau pembengkakan pada kelopak mata. Anda menderita trachoma, infeksi bakteri yang serius. Mata dan biasanya dapat menular dan menyebabkan kebutaan. Menderita kelainan refraksi seperti Silindris, Rabun Jauh, dan Rabun Jauh yang biasanya dapat diobati dengan kacamata. Menderita sindrom mata kering yang juga dapat menyebabkan sakit mata, kemerahan dan sensitivitas. . Degenerasi makula yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia membuat seseorang tidak bisa melihat objek di depannya dengan jelas. Retinopati diabetik, yang dapat mengurangi penglihatan dan menyebabkan kebutaan, umumnya dialami oleh penderita glaukoma. dimana cairan menumpuk di mata yang menekan saraf optik, sehingga dapat menyebabkan penglihatan kabur dan meningkatkan risiko hilangnya ketajaman penglihatan. Menderita katarak, dimana lensa mata menjadi keruh dan keruh sehingga sulit melihat dengan jelas. Anda menderita neuritis optik, yang ditandai dengan peradangan dan iritasi pada saraf optik di mata. Anda memiliki kelainan genetik yang merusak saraf optik sehingga menyebabkan penglihatan kabur. Anda kekurangan vitamin A, yang meningkatkan risiko cedera kornea.

Mata berair dan keruh dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan di atas.

Namun mata berlendir dan keruh bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih serius, seperti stroke, tekanan darah tinggi, dan trauma.

Baca Juga: Mengapa Bagian Putih Mata Membengkak? Simak 8 alasan berikut…

Kapan perlu berkonsultasi ke dokter?

Mata berair dan keruh bisa jadi merupakan kondisi normal yang tidak memerlukan perhatian medis segera.

Namun, mata yang tiba-tiba buram dan berair sebaiknya segera diperiksakan ke dokter, karena bisa jadi merupakan tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan untuk mengetahui penyebab mata berlendir dan keruh sehingga dapat diperoleh diagnosis pasti.

Pemeriksaan akan membantu Anda mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

Baca Juga: 10 Cara Mengobati Mata Gatal dan Merah, Termasuk Menggunakan Obat Tetes Mata Konsultasikan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top