Rangkuman Hari Ke-877 Serangan Rusia ke Ukraina: Rusia Serang Taman Bermain Anak | 2 Tewas di Ukraina

virprom.com – Perang Rusia-Ukraina masih terus berlangsung. Ia bahkan memasuki hari ke-877 pada Jumat (19/7/2024).

Pada hari Jumat, serangan rudal Rusia di kota Mykolaiv di Ukraina selatan menewaskan sedikitnya tiga orang.

Di hari yang sama, Rusia juga membunuh dua orang di tepi kanan wilayah Kherson di Ukraina selatan.

Baca juga: Trump berjanji pada Zelensky untuk mengakhiri perang melalui telepon

Berikut rangkuman hari ke-877 invasi Rusia ke Ukraina, seperti dilansir kantor berita AFP. 1. Rusia menyerang taman bermain, 3 orang tewas

Serangan rudal Rusia terhadap taman bermain anak-anak di kota Mykolaiv, Ukraina selatan, telah menewaskan sedikitnya tiga orang, termasuk seorang anak.

Hal itu diungkapkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyi pada Jumat (19/7/2024).

“Roket itu menghantam taman bermain anak-anak di dekat bangunan tempat tinggal,” kata Zelensky, sambil mendesak dunia untuk membantu menghentikan teror Rusia.

Lima orang diketahui terluka hari ini. Tiga orang tewas akibat serangan ini, termasuk seorang anak-anak, ujarnya dalam postingan Telegram.

Dia memposting foto yang menunjukkan setidaknya dua mayat, satu di dekat pintu masuk gedung dan satu lagi di halaman.

Orang-orang membawa seorang pria dengan tandu, jendela-jendela gedung apartemen pecah.

Sebelumnya, presiden Ukraina meminta sekutu Barat Kiev untuk menyediakan sistem pertahanan udara kepada negaranya untuk membantu melindungi langitnya dari serangan udara Rusia.

Baca Juga: Aktivis Palestina Tak Boleh Rayakan Aturan ICJ, Ini Alasannya 2. Pembantaian ke-2 Rusia di Ukraina Selatan.

Rusia melanjutkan serangan di tepi kanan wilayah Kherson selatan pada hari Jumat, sehari setelah Kiev mengakui kehancuran sebagian besar benteng di tepi kirinya.

Dua orang tewas dalam serangan itu. Namun pada hari Kamis, militer mengakui bahwa sebagian besar posisi utama pasukan Ukraina di desa Krynkii telah hancur total, meski mereka masih bertempur di sana.

Oleksandr Prokudin, gubernur wilayah Hilson, mengatakan dua orang tewas dalam serangan artileri roket besar-besaran Rusia di kota Bilozerka, lima kilometer dari Sungai Dnipro.

Setidaknya lima orang lainnya terluka, termasuk seorang paramedis, ketika drone tersebut membantu korban yang terluka.

Pasukan Rusia merebut sebagian besar wilayah Kherson ketika mereka menginvasi pada Februari 2022, namun pasukan Ukraina memaksa Moskow keluar dari Tepi Kanan pada akhir tahun itu.

Kremlin mengklaim wilayah Kherson sebagai miliknya dan pasukannya terus menyerang wilayah damai di seberang Sungai Dnipro.

Baca juga: Pasca Putusan ICJ, Palestina Desak Dunia Akhiri Pendudukan Ilegal Israel

Secara khusus, di wilayah Kharkiv di timur laut Ukraina, serangan roket Iskander melukai sedikitnya sembilan orang, termasuk seorang anak laki-laki berusia 14 tahun. Dengarkan berita dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp Anda sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top