Apa Itu Dataran Tinggi Golan dan Siapa Kelompok Sekte Druze?

Ketegangan antara Israel dan kelompok Hizbullah Lebanon mencapai puncaknya setelah serangan roket mematikan menghantam Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Serangan roket pada Sabtu (27 Juli 2024) menghantam lapangan sepak bola di kota Majdal Shams, rumah bagi warga keturunan Arab Druze. Menurut pihak berwenang Israel, setidaknya 12 anak tewas dalam serangan itu.

Israel menyalahkan Hizbullah atas serangan itu dan bersumpah akan membalas. Namun, kelompok Hizbullah yang didukung Iran membantah berada di balik serangan tersebut.

Baca selengkapnya: Roket menghantam lapangan sepak bola di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, menewaskan 12 orang, termasuk anak-anak.

Dataran Tinggi Golan merupakan dataran tinggi strategis yang direbut Israel dari Suriah pada Perang Enam Hari pada tahun 1967. Kawasan tersebut kemudian resmi dianeksasi oleh Israel pada tahun 1981. Dataran tinggi pegunungan ini memiliki luas sekitar 804 km2 dan berbatasan dengan Yordania dan Yordania. Libanon.

Ibu kota Suriah, Damaskus, terlihat dari ketinggian berbatu Golan. Zona penyangga yang didukung PBB memisahkan Golan yang diduduki Israel dari Suriah.

Berdasarkan hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan PBB, Dataran Tinggi Golan dianggap sebagai wilayah pendudukan, dan Suriah terus menuntut agar wilayah tersebut dikembalikan ke pengakuannya.

Daerah ini sering menjadi lokasi konflik. Konflik terakhir terjadi pada tahun 2019, ketika mantan Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa AS akan mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan.

Israel menganggap Dataran Tinggi Golan penting bagi kepentingan keamanan nasionalnya. Israel menegaskan pihaknya memerlukan kendali atas wilayah tersebut untuk melawan ancaman dari Suriah dan proksi Iran di sana.

Serangan pada Sabtu pekan lalu bukanlah yang pertama di Dataran Tinggi Golan sejak pecahnya perang Israel dengan Hamas di Gaza menyusul serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Pada awal Juli, serangan roket Hizbullah di wilayah tersebut menewaskan dua orang. Hal ini mendorong ketua Dewan Regional Golan Israel menyerukan pembalasan “kekerasan” terhadap kelompok Hizbullah Lebanon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top