Langkah Awal Kolaborasi Pertamina-Bakrie Group, Groundbreaking Nusantara Sustainability Hub oleh Presiden Jokowi

virprom.com – PT Pertamina (Persero) dan Bakrie Group berkolaborasi membangun Nusantara Sustainability Hub di ibu kota nusantara (IKN).

Melalui kemitraan yang kuat antara Bakri Group dan Pertamina, Nusantara Sustainability Hub akan melaksanakan berbagai penelitian yang dilakukan oleh International Institute of Sustainability Indonesia (IISI), serta mengembangkan pusat penelitian dan pendidikan global.

Pembangunan Nusantara Sustainability Hub diawali dengan peletakan batu pertama secara simbolis oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) di IKN, Rabu (5/6/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Kepala Otoritas IKN Basuki Hadimuljono, Direktur Utama (Direktur) Pertamina Nik Vidyavati, Chief Executive Officer (CEO) Bakri, dan Bhai Anindya Bakri, Managing Director PT Patra Jasa Ray SM Daulay, anak perusahaan Pertamina. Direktur Yayasan Bakri Center Jimmy Gani dan mitra lainnya.

Baca Juga: Debat HAM, Prabowo Temukan Organisasi Internasional Punya Standar Ganda

Presiden Jokowi menyampaikan dukungan penuh terhadap kerja sama dengan berbagai organisasi internasional yang fokus pada pembangunan sebagai bagian dari upaya pemerintah merangkul kerja sama di IKN.

Kehadiran populasi manusia di Indonesia masih didasarkan pada penandatanganan pernyataan bersama yang diadakan di Universitas Stanford mengenai rencana kerja sama penelitian Indonesia di bidang pembangunan. Peristiwa itu disaksikan langsung oleh Jokowi pada November 2023.

“Investasi di IKN merupakan proyek masa depan karena transformasi ekonomi, green economy, dan green energy itulah yang akan kita kembangkan di sini (IKN). Saya sangat mengapresiasi pengembangan Nusantara Sustainability Hub melalui kolaborasi antara Pertamina, Bakri dan perusahaan lainnya. ” kata Jokowi dalam sambutannya pada pembukaan Nusantara Sustainability Hub.

“Yang menariknya, perusahaan-perusahaan dan perguruan tinggi lain bisa bekerja sama di sini, sehingga tempat ini bisa menjadi etalase penelitian dan pengembangan perekonomian negara kita,” lanjutnya.

Baca Juga: Lanjutkan Integrasi Infrastruktur, PGN Tambah Aliran Gas Bumi ke Jateng Jadi 48 BBTUD

Kerja sama antara Pertamina dan Bakrie Group mencakup penelitian berkelanjutan seperti pengembangan fasilitas shared-hub di kawasan unik Edutown IKN serta pengembangan eksplorasi mineral dasar berbasis intelijen untuk mendukung analisis sumber daya.

Kedua faktor ini menunjukkan bahwa kemitraan Pertamina dengan Bakri Group senantiasa mempertegas komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan dan pengelolaan sumber daya. Dalam hal ini, Pertamina melibatkan mitranya, Patra Jasa, untuk membuat Nusantara Sustainability Hub. Nusantara Sustainability Hub dibangun secara bertahap

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nik Vidyavati mengungkapkan, Pertamina melalui Patra Jasa akan membangun Nusantara Sustainability Hub sebagai langkah meningkatkan keberlanjutan IKN.

Selain itu, katanya, hub tersebut akan menghadirkan pusat penelitian dan inovasi kelas dunia di bidang keberlanjutan dan teknologi rendah karbon.

Baca Juga: Pemerintah Gunakan Produk Semen Rendah Karbon untuk Pembangunan IKN

“Kami berharap Nusantara Sustainability Hub dapat menjadi wadah berbagai program, mengenang dan mendorong pembangunan yang melibatkan berbagai pihak.

“Pada akhirnya, Pertamina berupaya menciptakan energi ramah lingkungan yang dapat digunakan secara efisien di IKN,” kata Nick.

Untuk mendukung proyek ini, lanjutnya, Pertamina mengucapkan terima kasih kepada Otoritas IKN dan Grup Bakri yang telah memulai kerja sama sinergis dengan Pertamina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top