Mahfud: Pemilu Selesai, yang Menang Harus Diakui, Jangan Marah Melulu

JAKARTA, virprom.com – Mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan sekaligus calon wakil presiden ketiga Mahfud MD mengatakan, saat ini pemilihan umum (pemilu) telah usai.

Menurut Mahfud, pihak yang kalah harus mengakui kemenangan calon wakil presiden terpilih dan tidak ada alasan untuk marah.

Pesan tersebut disampaikan Mahfud saat menyampaikan khutbah pada perayaan Tahun Baru Hijriah 1446 di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat.

Pemenangnya harus diakui, (yang kalah) jangan hanya marah-marah saja, tidak boleh. Itu tidak beradab,” kata Mahfud, Minggu (7/7/2024).

Baca juga: Ikut Latihan Daerah Demi Kemenangan Pilkada PDI-P, Mahfud Bicara Soal Elektabilitas dan Akhlak

Mahfud mengatakan, meski seorang calon dirasa paling hebat, nyatanya ia tidak dipilih oleh rakyat.

Oleh karena itu, pihak yang kalah harus mengakui calon terpilih dan kemudian kembali membangun peradaban.

“Apa pun variasinya, harus kita akui, lalu bagaimana? ‘Ayo kita bangun peradaban’,” kata Mahfud.

Menurut Guru Besar Hukum Tata Negara ini, pemilu merupakan salah satu wujud kesopanan kemanusiaan dalam pembangunan pemerintahan.

Indonesia, kata Mahfud, telah menerapkan tiga sila Pancasila, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, serta Persatuan Seluruh Bangsa Indonesia.

Namun saat ini sila keempat tentang kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan serta sila kelima tentang keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia belum dapat dilaksanakan.

Baca juga: Mahfud MD Sebut Government by Law Penyakit dalam Sistem Hukum Indonesia

Padahal, kelima peraturan tersebut menjadi modal untuk mencapai Indonesia emas pada tahun 2045 atau saat negara ini menginjak usia 100 tahun.

“Terkadang keadilan diperjualbelikan. “Inilah yang penting bagi kita untuk membangun dan mendorong pemerintahan di semua tingkatan,” kata Mahfud. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top