WhatsApp Siapkan Fitur Terjemahan Chat tanpa Aplikasi Lain

virprom.com – WhatsApp dikabarkan mendukung fitur baru bernama “Terjemahkan Pesan”. Seperti namanya, fitur ini akan memungkinkan pengguna menerjemahkan informasi ke dalam bahasa asing sehingga lebih mudah dipahami.

Menurut laporan dari situs yang kerap menghadirkan fitur baru di WhatsApp, WABetaInfo, fitur pesan terjemahan akan muncul sebagai opsi di ruang obrolan. Jika diaktifkan, pengguna akan memilih paket bahasa.

Misalnya pada tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, paket Spanyol ke Inggris berukuran 72 MB. Setelah diunduh, ketika chat WA masuk dalam bahasa Spanyol, WhatsApp akan otomatis menerjemahkan pesan tersebut.

Nantinya, pengguna akan melihat informasinya langsung dalam bahasa Inggris. Tidak diketahui apakah pengguna dapat melihat versi asli percakapan dalam bahasa Spanyol atau tidak.

Baca Juga: WhatsApp mendukung fitur nama pengguna untuk web

Yang jelas jika fitur ini dipublikasikan, pengguna akan lebih mudah memahami chat WA bahasa asing. Hingga saat ini, pengguna menerjemahkan sendiri, misalnya dengan menyalin pesan dan menempelkannya ke Google Translate.

Setiap pesan yang diterjemahkan akan ditandai sebagai “diterjemahkan” dalam gelembung pesan di dekat waktu percakapan dikirim.

Simbol-simbol ini akan membantu pengguna membedakan antara informasi asli dan terjemahan, memastikan komunikasi yang jelas dan mengurangi potensi kesalahpahaman.

Penerapan ini dikatakan didasarkan pada teknologi internal WhatsApp sendiri, untuk memastikan pengiriman pesan selalu terorganisir di perangkat.

Dengan cara ini, informasi tetap terlindungi dengan perlindungan privasi end-to-end dimana informasi tidak dibagikan kepada pihak ketiga, sehingga privasi pengguna tetap terjaga.

Baca Juga: Kenapa Chat WhatsApp Hilang Sendiri? Inilah alasannya

Fitur pesan terjemahan bahasa WhatsApp akan mendukung fitur bahasa terbatas pada awal kehadirannya, seperti dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (24/7/2024).

Misalnya hanya untuk bahasa Inggris, Arab, Spanyol, Portugis, Rusia, dan Hindi. Kemungkinan besar dukungan untuk bahasa lain akan ditambahkan seiring berjalannya waktu.

WhatsApp diyakini masih mengembangkan fitur tersebut. Belum ada kabar kapan akan diuji atau dirilis ke publik untuk pengguna WhatsApp. Dengarkan Injil dan pilihan pesan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top