Jangan Asal Derek Motor Matik, Bikin Gear CVT Rusak

JAKARTA, virprom.com – Jika Anda memiliki sepeda motor matic dengan CVT, sebaiknya Anda lebih memperhatikan jika sepeda motor tersebut perlu ditarik. Jangan sampai niat pertama Anda adalah memindahkan sepeda motor tanpa merusaknya.

Misalnya saja pada unggahan Instagram gerak lambat, terlihat unit Yamaha NMAX diikatkan ke bagian belakang mobil. Posisi sepeda motor, roda depan menempel pada mobil, roda belakang masih menyentuh aspal.

Lalu salah satu komentar warganet yang disematkan. “Turunkan mesin ketika Anda mencapai tujuan Anda,” tulis komentar tersebut.

 Baca Juga: Strategi Kemenperin keluarkan penjualan kendaraan dari jebakan 1 juta unit

 

Menanggapi video tersebut, Feri Nurulfajr, Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengaku baru pertama kali melihat sepeda motor ditarik seperti ini.

“Kalau dikencangkan, CVT tidak ada yang salah. Soalnya beltnya tidak nyambung ke mesin,” kata Ferry kepada virprom.com, Rabu (10/7/2024).

Ferry menjelaskan, satu-satunya bagian yang berputar pada CVT adalah puli belakang dengan penggerak roda. Namun jika ditarik, penggerak roda bisa saja rusak.

Baca Juga: Hati-hati, Ini yang Bisa Merusak CVT elektronik Nmax Turbo.

“Giginya terhubung ke ban, bukan ke mesin. Bisa jadi girnya aus,” kata Ferry.

Dampaknya gigi roda yang aus akan menimbulkan suara-suara yang mengganggu, kata Ferrie. Dari segi performa saja, tidak akan terlalu berpengaruh.

Tapi kalau mau lebih aman, bisa dibawa atau dibawa dengan sepeda, kata Ferry. Dengarkan berita terbaru dan berbagai berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top