Apa yang Harus Dilakukan Jika Gigi Ngilu? Berikut 7 Daftarnya…

virprom.com – Kondisi dan gangguan kesehatan tertentu dapat merusak gigi. Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika gigi Anda sakit?

Ada banyak pengobatan dan perawatan rumahan seperti berkumur dengan larutan garam, mengompres dingin, dan mengunyah bawang putih.

Namun sakit gigi yang disertai gejala lain seperti demam memerlukan penanganan segera karena bisa jadi merupakan gejala masalah kesehatan yang lebih serius.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara meredakan sakit gigi di bawah ini.

Baca Juga: 12 Penyebab Sakit Gigi Saat Makan dan Apa yang Harus Dilakukan Jika Sakit Gigi?

Sakit gigi dapat disebabkan oleh banyak kondisi dan beberapa masalah kesehatan.

Selain pengobatan medis, ada banyak pengobatan mandiri yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit gigi Anda.

Dikutip dari Healthline dan Medical News Today, berikut beberapa cara mengatasi gigi sakit. Berkumurlah dengan larutan garam

Larutan garam merupakan salah satu jenis disinfektan alami yang mampu menghilangkan sisa makanan dan kotoran di sela-sela gigi, serta mengurangi peradangan dan luka.

Anda bisa melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan menggunakannya sebagai obat kumur. Berkumurlah dengan hidrogen peroksida

Berkumur dengan hidrogen peroksida dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat sakit gigi. Hidrogen peroksida juga mengurangi plak dan menyembuhkan gusi berdarah.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan tiga persen hidrogen peroksida dengan air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

Baca Juga: 8 Penyebab Sakit Gigi, Gigi Berlubang dan Abses dengan Kompres Dingin

Mengompresi area sakit gigi selama 20 menit dapat mengurangi gejalanya, terutama jika sakit gigi disebabkan oleh trauma.

Kompres dingin dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga mengurangi rasa sakit, bengkak, dan peradangan. Kunyah bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang tidak hanya membunuh bakteri jahat penyebab plak, tetapi juga berfungsi mengatasi rasa sakit.

Anda bisa mengunyah bawang putih segar secara perlahan untuk mengobati sakit gigi. Namun jika belum terbiasa, Anda bisa menghancurkan bawang putih dan mengoleskannya pada gigi yang sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top