Survei Litbang “Kompas”: 57,4 Persen Responden Puas dengan Kinerja Pemerintah di Bidang Hukum

JAKARTA, virprom.com – Survei Kompas pada 27 Mei hingga 2 Juni 2024 menunjukkan hanya 57,4 persen yang puas terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Maruf Amin di bidang hukum.

Manajer Litbang Kompas Totok Suryaningtyas mengatakan, kepuasan di bidang hukum paling rendah dibandingkan tiga bidang lainnya, yaitu keamanan politik, ekonomi, dan kesejahteraan sosial.

“Masyarakat melihat persoalan hukum sebagai PR pemerintahan ini,” kata Totok, Kompas.id, Kamis (20/6/2024).

Menurut Totuk, penghapusan kasus suap, jual beli menjadi salah satu faktor terciptanya kepuasan terhadap kiprah pemerintah di bidang hukum.

Baca juga: Litbang Kompas: Kepuasan Terhadap Pemerintahan Jokowi 75,6, Tertinggi di Periode Kedua

Selain korupsi, kolusi, dan nepotisme, penyelesaian kasus dan sikap aparat (mempengaruhi penilaian), kata Totok.

Dan kepuasan penduduk terhadap kegiatan pemerintah di bidang politik dan keamanan sebesar 85,5 persen, dan di bidang perlindungan sosial sebesar 82,0 persen.

Totok mengatakan, aktivitas pemerintah di jejaring sosial sejak 2019 mendapat apresiasi dari masyarakat.

Pada saat yang sama, banyak responden menilai positif kinerja pemerintah mengingat situasi serius di masyarakat di bidang perekonomian.

Baca juga: Survei Litbang Kompas: 58,6 persen masyarakat puas dengan aktivitas KPK

Sebenarnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap situasi perekonomian paling tinggi pada masa pemerintahan Jokowi-Amin dan mencapai 65,1 persen, kata Totok.

Kepuasan keseluruhan terhadap kinerja pemerintah mencapai 75,6 persen, tingkat tertinggi pada masa jabatan kedua Jokov.

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak di 38 provinsi dengan menggunakan metode sampling sistematik.

Dengan metode tersebut, margin of error penelitian pada kondisi simple sampling adalah +/- 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei ini disponsori penuh oleh Harian Kompas (PT Kompas Media Nusantara). Dengarkan berita terbaru dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top