Laptop dengan CPU Baru Intel Juga Dilaporkan Rawan Crash

virprom.com – Prosesor baru Intel dari keluarga Raptor Lake (generasi ke-13 dan ke-14) mengalami masalah rawan crash, yang solusinya masih belum jelas bahkan setelah digunakan selama berbulan-bulan.

Masalah ini dilaporkan umum terjadi pada CPU desktop, terutama dua prosesor teratas, Intel Core i9-13900K dan Core i9-14900K. Namun, baru-baru ini muncul laporan bahwa masalah juga terjadi pada laptop dengan CPU serupa.

Hal ini diungkapkan oleh Matthew Cassells, pendiri Alderon Games, pencipta game online multipemain Path of Titans, dalam sebuah thread di forum online Reddit yang membahas topik terkait.

Cassells menulis, seperti dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Minggu (21/7/2024): “Ya, banyak sekali laptop yang mengalami crash yang sama. Ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan CPU desktop.”

Baca juga: Intel Luncurkan Prosesor Core i9-14900K dengan Kecepatan Sentuh 6 GHz

Dia tidak menjelaskan model spesifik CPU Intel generasi ke-13 dan ke-14 mana yang rusak, namun dapat dipahami bahwa prosesor seri Core i9 HX kemungkinan besar akan terpengaruh.

Tren yang ada sejauh ini adalah model CPU desktop terkuat dan paling haus daya adalah yang paling sensitif terhadap ketidakstabilan, yang dapat menyebabkan crash. Tren serupa juga berlaku untuk proses laptop. Tekan “Pengingat”

Matthew Cassells sebelumnya menjelaskan dalam postingan blog yang diterbitkan di Aderon Games bahwa sistem yang didasarkan pada CPU Intel generasi ke-13 dan ke-14 rentan terhadap crash yang mengganggu permainan.

Kesimpulan ini diperoleh dari pengamatan selama berbulan-bulan terhadap sistem komputer Aderon Games. Gamer yang menggunakan komputer dengan prosesor serupa menghadapi masalah serupa.

Cassells juga mengatakan bahwa Alderon Games mengganti semua servernya dengan CPU dari pesaing Intel, AMD, untuk menghindari crash.

Baca Juga: Pengembang Game Tuduh Intel Salah Jual CPU Hingga Sering Crash

Meskipun dia mengatakan rilis tersebut belum disetujui oleh AMD atau perusahaan PC lainnya, dia meminta Intel untuk segera mengambil tindakan.

“Atas nama Intel, kami berharap mereka akan menghapus model CPU ini dari pasar (recall) dan menawarkan pengembalian dana kepada konsumen,” tulis Cassells. “Kami menunggu informasi lebih lanjut mengenai masalah ini,” tambahnya. Belum ada solusi yang jelas

Intel sendiri masih belum memiliki solusi atau penjelasan jelas atas kemungkinan crash pada prosesor Raptor Lake generasi ke-13 dan ke-14 yang terjadi awal tahun ini.

Sekitar bulan April, Intel mengetahui masalah tersebut dan mengatakan sedang menyelidikinya.

Penyebab masalah awalnya diduga karena pengaturan motherboard yang salah. Namun, masalah yang sama juga terjadi pada perangkat keras server, yang dirancang lebih kuat dan konservatif dibandingkan perangkat komputasi rumahan.

Baca juga: Riset: Merek AMD Kini Lebih Dikenal Dibanding Intel

Intel dan produsen motherboard mitranya telah mengusulkan sejumlah solusi, termasuk pembaruan BIOS, batas kinerja yang ditargetkan, dan pengaturan voltase prosesor. Namun permasalahannya belum benar-benar terselesaikan.

“Untuk saat ini, kami mendorong pengguna yang terkena dampak masalah ini untuk menghubungi layanan pelanggan Intel untuk mengetahui langkah selanjutnya terkait prosesor desktop Intel Core Generasi ke-13 atau ke-14 mereka,” kata Intel dalam sebuah pernyataan. Dengarkan berita terkini dan informasi persembahan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top