Perhatikan Ini jika Transmisi pada Mobil Manual Bekas Berkeringat

KLATTEN, virprom.com – Saat membeli mobil bekas manual, konsumen harus berhati-hati karena tidak semua unit yang ditawarkan, terutama transmisinya, dalam kondisi sehat.

Jika Anda memiliki transmisi kendaraan manual, bagian tertentu mungkin “berkeringat” atau mengeluarkan oli, seperti wadah oli, antarmuka, dan segel.

Hardy Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan mobil bekas dengan transmisi “berkeringat” patut diwaspadai karena kemungkinan girboksnya dalam kondisi buruk.

Baca Juga: Daftar Mobil Bekas Rp 60 Juta Juni 2024 Lancer Punya Panther

 

Komponen transmisi terdiri dari satu set roda gigi dan memiliki housing. Housing transmisi ini merupakan sambungan beberapa komponen dan setiap sambungannya terdapat perekat berupa seal atau gasket, kata Hardy kepada virprom.com, Senin. (6 Oktober 2024).

Menurut Hardy, saat digunakan, perekat tersebut akan mengeras dan kehilangan sifat elastisnya akibat panas. Oleh karena itu, paparan getaran dapat merusak perekat dan akhirnya menyebabkan kebocoran oli.

“Jika terjadi kebocoran, sebaiknya pemilik mobil segera memperbaikinya untuk menghindari kemungkinan kehabisan cairan transmisi. Jika hal ini diabaikan dan transmisi kehabisan pelumas, maka timbul masalah pada bagian dalam seperti roda gigi yang bisa rusak , kata Hardy.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan per Juni 2024

Kurangnya oli pada transmisi manual dapat mengakibatkan kerusakan parah pada bagian-bagiannya, kata Moschlis, pemilik bengkel spesialis Toyota Mitsubishi Garasi Auto Service Sukoharjo.

“Beberapa komponen yang bergesekan akan mengalami keausan sehingga menyebabkan performa transmisi menurun, antara lain merengek, sulit berpindah gigi, dan sulit kembali ke netral dengan sendirinya,” kata Moschlis kepada virprom.com, Senin (10/6/2024). ). .

Oleh karena itu, jika diketahui transmisi mobil bekas manual “berkeringat”, ada baiknya dilakukan pemeriksaan lebih detail berapa pun biaya perbaikannya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top