Chatbot AI Google Gemini Di-upgrade, Jadi Lebih Cepat dan Pintar

virprom.com – Google memperkenalkan pembaruan besar pada chatbot AI-nya, Gemini, dalam versi gratis.

Chatbot kini ditenagai oleh Gemini 1.5 Flash Large Language Model (LLM) yang pertama kali diumumkan pada acara Google I/O pada Mei 2024.

Dengan model bahasa ini, Gemini dapat dengan cepat menjawab pertanyaan pengguna. Interpretasi dan pemahaman Gemini terhadap perintah di gambar juga lebih baik.

Baca Juga: Google Mulai Menerbitkan Halaman AI Gemini ke Gmail, Drive, dan Dokumen

Selain itu, dengan upgrade ini Gemini juga dapat mengatur instruksi (jumlah potongan teks) lebih banyak berkat Gemini 1.5 Flash, karena mendukung 32.000 simbol, meningkat dari sebelumnya 8.000.

Oleh karena itu, pengguna dapat melakukan kueri atau instruksi yang lebih lama atau lebih kompleks dibandingkan sebelumnya, dalam satu aplikasi.

Google mengumumkan dukungan LLM Gemini 1.5 Flash untuk chatbot Gemini melalui postingan di blog resmi perusahaan.

“Sekarang Anda bisa mendapatkan 1,5 Flash di Gemini versi gratis untuk mendapatkan jawaban yang lebih cepat dan bermanfaat,” kata Amar Subramanya, VP Engineering Gemini, dikutip blog Google, Sabtu (27/7/2024).

Subramanya menambahkan, mitranya akan menambahkan dukungan untuk mengunggah file dari Google Drive atau perpustakaan lokal pengguna ke Gemini.

Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan Gemini, misalnya, untuk membuat kueri dari konten formulir aplikasi.

Beberapa, lanjut Subramanya, ke depannya juga akan dibekali dengan kemampuan menganalisis data dalam file dan membuat gambar visual dalam bentuk diagram atau grafik.

Baca juga: Google Umumkan LLM Gemini 1.5, Lebih Banyak Pertanyaan Bisa Diproses

Dukungan Flash 1.5 tersedia untuk semua chatbot Gemini di web dan seluler, dalam 40 bahasa dan lebih dari 230 negara, termasuk Indonesia.

Dalam postingan yang sama, Subramanya menjelaskan bahwa Gemini akan memasukkan komunikasi dalam hasil yang ditunjukkan Gemini.

Upaya ini dilakukan untuk memenuhi permintaan pengguna untuk mencari fakta dari konten yang ditautkan.

Namun, dukungan hanya tersedia untuk versi bahasa Inggris di beberapa negara.

Pantauan KompasTekno, Gemini didukung di Indonesia yang setiap hasilnya ada tanda panah mengarah ke Gemini. Saat diklik, panah akan menyertakan link ke sumber hasil. Perluas dukungan Gemini kepada kaum muda

Dalam postingan yang sama, Google juga mengumumkan perluasan Gemini untuk pengguna muda dari sebelumnya hanya terbatas di beberapa negara di dunia.

Perusahaan teknologi tersebut akan menerapkan perluasan ini dalam beberapa minggu mendatang.

Generasi muda yang mencapai usia minimal Google akhirnya bisa mengakses Gemini untuk memahami pelajaran di sekolah, latihan untuk masuk perguruan tinggi atau sekedar membuat konten kreatif.

“Untuk membantu mereka menggunakan Gemini dengan aman, kami menerapkan aturan keamanan tambahan, memperkenalkan sistem khusus untuk kaum muda dan menyertakan panduan AI untuk membantu kaum muda menggunakan AI dengan benar,” kata Subramanya.

Baca juga: Nama Chatbot AI Google Bard Berubah menjadi Gemini Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk mendapatkan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top