Video Pengendara Motor Nekat Merokok Saat Antre di SPBU

Jakarta, virprom.com – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) memiliki banyak batasan keselamatan. SPBU merupakan daerah bahaya kebakaran.

Jangan seperti video yang diunggah akun Twitter @Pai_C1 pada Rabu (6 Desember 2024). Lukisan itu memperlihatkan seorang pemuda menuangkan minyak di sebuah pompa bensin.

Pemuda itu terlihat sedang merokok di sepeda motornya sambil mengantri. Terlihat dari tayangannya, tidak ada tanda-tanda merokok di area gas.

Baca juga: Marquez Akui Tak Berniat Pecahkan Rekor Juara Dunia Milik Rossi

Video tersebut mendapat banyak komentar dari netizen yang kaget dengan aksi pengendara sepeda motor tersebut.

“Beraninya kamu, wah?!” “Anda tidak hanya menempatkan diri Anda dalam risiko, Anda juga menempatkan orang lain dalam risiko,” cuit @thvblast.

@confesyu berkata: “Melihat ini membuat saya sangat emosional. Ini menakutkan bagi orang lain juga.”

“Kenapa polisi dan orang dibelakangnya gak suruh matikan rokoknya?.. Berbahaya sekali,” tulis @asidharta13. Sederhana namun berbahaya bagi Anda dan orang lain… ??Jangan ditiru ? ? (@Pai_C1) 11 Juni 2024

Pak Paimin, Direktur SPBU Tikini dan Pramuka, mengatakan perlu adanya standar khusus karena SPBU tersebut berada di zona 0 atau zona 1.

“Stasiun minyak termasuk dalam wilayah kosong zona 0 atau zona 1 sehingga diperlukan standar khusus “SPBU, kilang minyak,” kata Pramka Paimin, Kepala SPBU Tikini, baru-baru ini kepada Kompas.

SPBU biasanya mempunyai tujuh batasan, baik untuk pengisian bahan bakar maupun pembuatan antrean mobil. Pembatasan ini berlaku untuk mobil, sepeda motor, dan kendaraan lain, termasuk bus dan truk.

Barang yang dilarang di SPBU: Dilarang merokok

Ini adalah larangan yang sangat lama dan selalu dilarang di semua SPBU. Masyarakat sudah familiar dengan pembatasan semacam ini. Rokok menghasilkan panas dan puntung rokok dapat menjadi pemicu api. Mesin akan hidup setelah pengisian bahan bakar

Mesin harus dimatikan untuk mencegah benda asing yang dapat menimbulkan kebakaran. Ini adalah standar keselamatan di stasiun minyak Shell di seluruh dunia.

Pakar oli Shell May Askan mengatakan mesin mobil merupakan sumber utama penyalaan. Dengan tersedianya dukungan udara dan gas, api hanya perlu beberapa detik untuk menyala. Bocor saat mengisi oli sepeda

Aturan tersebut berlaku bagi pengendara sepeda motor sport dan skuter, serta pengendara skuter modern yang tempat pengisi bahan bakarnya tidak terletak di bawah jok (misalnya di tengah dek atau kotak listrik).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top