Jaga Kesehatan Lutut, Ini 5 Kebiasaan yang Perlu Dihindari

virprom.com – Kita sering lupa bahwa lutut berperan besar dalam pergerakan dan kehidupan sehari-hari hingga mulai terasa nyeri.

Nyeri dan cedera lutut terjadi seiring bertambahnya usia. Meski dokter saat ini bisa melakukan operasi penggantian lutut, tentu saja kami lebih memilih untuk menghindari operasi besar.

Ada banyak cara untuk mencegah cedera lutut dan menunjang fungsinya agar tetap sehat dan kuat seiring bertambahnya usia.

Hindari kebiasaan berikut agar lutut Anda tetap sehat.

1. Lakukan olahraga high impact Jika kita termasuk orang yang jarang berolahraga, ada baiknya melakukan olahraga fisik secara bertahap dibandingkan langsung melakukan olahraga high impact (olahraga dengan intensitas tinggi).

Olahraga berdampak tinggi termasuk lompat tali, lari, dan jacking. Jenis olahraga ini membakar kalori dengan cepat, namun memiliki risiko cedera yang lebih tinggi.

Baca Juga: Cedera Lutut, Lisandro Martinez Absen 8 Pekan untuk Manchester United

“Kesalahan umum adalah melakukan nol hingga seratus latihan,” kata ahli bedah ortopedi Dr. Eric Grossman.

Disarankan untuk membatasi olahraga yang paling intens. Misalnya, jika Anda ingin mulai berlari, mulailah dengan lari lambat dan pendek di permukaan tanah yang lunak, bukan lari sejauh 5 mil di aspal.

“Jangan sekali-kali melakukan olahraga high impact kecuali kita sudah berolahraga dalam jangka waktu lama. Biarkan tubuh Anda beradaptasi dan naikkan levelnya secara bertahap,” ujar Dr. Daniel Miller, MD, seorang ahli bedah ortopedi.

2. Jangan Remehkan Rasa Sakit Rasa sakit dan nyeri tekan adalah cara tubuh memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Abaikan rasa sakitnya dan jangan memaksakan diri meskipun itu menyakitkan.

“Ketika kita memaksakan diri saat sakit, kita bisa memperburuk cedera dan menciptakan cedera baru,” kata Miller.

Nyeri yang tergolong normal setelah olahraga adalah perasaan atau sedikit pegal. Namun, nyeri hebat yang tiba-tiba, bengkak, atau kesulitan bergerak adalah tanda-tanda sesuatu yang serius.

Baca juga: Pentingnya Perawatan yang Tepat bagi Atlet dan Pencegahan Cedera yang Lebih Berat

Menurut ahli bedah ortopedi Dr. Struan Coleman, nyeri lutut bisa disebabkan oleh kerusakan pada salah satu struktur lutut, seperti robekan meniskus atau kerusakan ligamen.

“Nyeri lutut bisa menjadi tanda awal arthritis karena tulang rawan mulai rusak,” dikutip Huffpost.

Baca Juga: 5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Termasuk Pencegahan Cedera

3. Pemanasan lompat Selalu lakukan pemanasan yang benar sebelum berlatih atau berolahraga. Ini akan mempersiapkan otot dan persendian untuk menangani ketegangan saat berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top