Bolehkah Mengonsumsi Kopi Setiap Hari? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Minum kopi sudah menjadi kebiasaan yang rasanya belum lengkap jika tidak dilakukan setiap hari. Namun, apakah kopi boleh dikonsumsi setiap hari?

Minum kopi setiap hari secara umum terbukti aman dan tidak menimbulkan efek samping yang serius.

Faktanya, minum kopi secara rutin dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti peningkatan energi, perbaikan mood, dan penurunan risiko penyakit jantung.

Untuk lebih jelasnya simak manfaat dan efek samping minum kopi setiap hari berikut ini.

Baca juga: Apa Dampak Negatif Minum Kopi? Ini daftar 14… Enaknya minum kopi setiap hari?

Minum kopi setiap hari secara umum terbukti aman dan tidak menimbulkan efek samping yang serius.

Mayo Clinic melaporkan bahwa meminum 400 miligram (mg) kafein, setara dengan empat cangkir kopi, secara umum aman dikonsumsi oleh orang dewasa yang sehat.

Padahal, kebiasaan ini bisa mempunyai manfaat tersendiri bagi kesehatan.

Seperti dilansir dari Eating Well, ada beberapa manfaat minum kopi setiap hari bagi kesehatan, seperti: meningkatkan energi, karena kafein dalam kopi dapat merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan frekuensi dan kecenderungan buang air besar, sehingga mengurangi risiko sembelit, meningkatkan suasana hati, khususnya. dalam waktu 30 menit setelah minum kopi Meningkatkan kesehatan otak dengan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif tertentu seperti Alzheimer, Parkinson, dan demensia. Minum tiga hingga lima cangkir kopi setiap hari mengurangi risiko penyakit jantung hingga 15 persen. Meningkatkan fungsi tiroid, terutama pada penderita sindrom metabolik. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Kafein dalam kopi mengandung antioksidan yang mungkin memberikan beberapa manfaat yang disebutkan di atas.

Namun konsumsi kopi setiap hari sebaiknya dibatasi untuk menghindari efek samping yang lebih serius.

Baca juga: Apa yang Tidak Boleh Dicampur dengan Kopi? Berikut daftar 7… Efek samping minum kopi

Kopi secara umum aman dan tidak menimbulkan efek samping yang serius.

Namun, minum kopi terlalu banyak atau lebih dari empat cangkir sehari justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Beberapa efek samping dari konsumsi kopi berlebihan seperti: sakit kepala, susah tidur atau gangguan tidur, gelisah, gelisah, peningkatan frekuensi buang air kecil atau penurunan kemampuan mengendalikan keinginan untuk buang air kecil, peningkatan denyut jantung, tremor otot.

Beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap kafein, sehingga beberapa efek samping di atas mungkin terjadi meski mereka hanya minum kopi dalam jumlah sedikit.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memperhatikan reaksi tubuh Anda setelah minum kopi, agar sifat buruk ini dapat Anda batasi atau hindari jika perlu.

Selain itu, Anda juga sebaiknya membatasi atau menghindari kopi jika Anda memiliki penyakit tertentu, seperti sedang hamil, sedang berusaha untuk hamil dan menyusui, serta sedang menjalani pengobatan sebelum ke dokter.

Anda mungkin juga perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah Anda boleh minum kopi setiap hari untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top