Ini Kata Kunci yang Paling Banyak Di-“googling” Orang Indonesia Jelang Ramadhan

virprom.com – Jelang bulan Ramadhan 2024, masyarakat Indonesia menelusuri berbagai topik terkait puasa melalui mesin pencari Google Search. Selain puasa, masyarakat juga menelusuri berbagai topik terkait Ramadhan, antara lain Idul Fitri, doa puasa, hingga resep berbuka dan sahur.

Menurut data Google, setidaknya ada delapan kata kunci yang paling banyak dicari menjelang Ramadhan. Data ini disusun berdasarkan analisis Google Trends pada 7 Maret hingga 14 Maret 2024 yakni minggu lalu.

Google Trends adalah situs web yang menampilkan statistik tentang topik pencarian populer di Penelusuran selama periode waktu tertentu.

“Kalau kita kaji topik seputar Ramadhan, Idul Fitri, dan Puasa, kepentingannya berbeda-beda. Ada yang mencari ceramah, resep berbuka, sahur, bahkan ada pula yang sudah mulai merencanakan perjalanan pulang kampung. salah satu kata kunci yang sangat populer selama seminggu terakhir,” kata Feliciana Wienathan Communications Manager Google Indonesia pada konferensi pers #ThisRamadhanWe di Jakarta, Kamis (15/3/2024).

Baca Juga: 4 Fitur Pendukung Ramadhan di Layanan Google, Pencarian Kiblat salah satunya

Berikut ini daftar kata kunci menjelang Ramadhan yang paling banyak dicari: Ceramah Singkat Ramadhan Beserta Judulnya Puncak Alur Pulang Pulang Ramadhan 2023 Sholat Puasa Ramadhan Baju Idul Fitri Rahasia Puasa Ramadhan Resep Buka Puasa dan Waktu Sahur hingga Poster Puasa Ramadhan

Google tidak menentukan frekuensi pencarian untuk setiap kata kunci. Jika dicari di Google Trends, puncak pencarian kata kunci “Kuliah Singkat Ramadhan dan Judulnya” terjadi pada tanggal 13 Maret 2024. Yang paling banyak mencari topik ini adalah dari Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Meski Hari Raya Idul Fitri masih sekitar tiga minggu lagi, namun minat masyarakat untuk mencari “Baju Lebaran” juga cukup tinggi menjelang Ramadhan 2024. Pada minggu lalu, kata kunci Baju Lebaran 9 Maret dari tahun 2024 meningkat.

Baca juga: XL Axiata Luncurkan Paket Internet Spesial Ramadhan, Harga Kuota 2 GB Rp 3.000

Beberapa query terkait Ramadhan yang juga meningkat penelusurannya antara lain “model baju lebaran”, “model baju 2024” hingga “warna baju lebaran 2024”.

Masyarakat yang rajin mencari “baju lebaran” itu terpantau pada pekan lalu di wilayah Aceh, Jawa Tengah, dan Riau.

Sering “Googling” topik Puasa dan Idul Fitri

Menurut data Google Trends, Indonesia menempati peringkat kedua dunia dengan pencarian terbanyak pada topik Puasa dan Idul Fitri.

“Kata kunci Puasa dan Idul Fitri menempatkan Indonesia sebagai negara terbaik kedua di dunia dengan jumlah pencarian tertinggi untuk kedua kata kunci tersebut,” kata Feliciana di acara yang sama.

Soal puasa, Indonesia menduduki peringkat kedua dunia yang sering mencari topik ini di Google Search. Indonesia menyusul Romania yang merupakan negara yang paling rajin mencari topik puasa di Search.

Daerah yang paling banyak diteliti untuk berpuasa di Indonesia adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Beberapa topik lain terkait puasa juga banyak dicari masyarakat Indonesia melalui Search, yaitu “Tanggal berapa? (puasa)” hingga “isbat sesi 2023”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top