Gula Darah 190 Setelah Makan Apakah Normal? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Kadar gula darah bervariasi sepanjang hari dan dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk usia dan asupan makanan. Jadi gula darah postprandial yang normal adalah 190?

Kadar gula darah postprandial sebesar 190 diketahui lebih tinggi dari biasanya.

Pada dasarnya gula darah kembali normal dua jam setelah makan. Namun, jenis makanan dan minuman dapat mengubah perilaku ini secara signifikan.

Untuk itu simak penjelasan dibawah ini dan cara menurunkan gula darah.

Baca Juga: Apakah Gula Darah 200 Diabetes? Berikut penjelasannya… Apakah tekanan darah 190 dengan pola makan normal?

Jika kadar gula darah naik hingga 190 setelah makan, bisa dikatakan itu pertanda pradiabetes.

Menurut Mayo Clinic, kadar gula darah antara 140 dan 199 mg/dL (7,8 dan 11 mmol/L) dianggap pradiabetes.

Penyakit ini merupakan faktor risiko utama diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Pada dasarnya, gula darah kembali normal dalam waktu dua jam setelah makan.

Meskipun jumlah insulin yang dikonsumsi bersama makanan dan minuman juga penting, hasil setelah makan dapat bervariasi dari orang ke orang.

Menurut Healthline, anak-anak, remaja, dan lansia penderita diabetes mungkin mendapatkan hasil yang berbeda setelah makan, jadi penting untuk berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui kadar gula darah normal setelah makan.

Orang dengan kadar gula darah postprandial 190 mg/dL harus menjalani tes gula darah lagi nanti.

Selain pemeriksaan gula darah, Anda perlu menjalani pemeriksaan darah lain untuk menentukan diagnosisnya.

Hal ini dikarenakan banyak faktor yang dapat mempengaruhi keakuratan hasil tes, termasuk jenis penyakit yang Anda derita dan prosedur yang dilakukan, sehingga satu jenis tes saja tidak cukup.

Baca Juga: Mengapa Gula Darah Tinggi? Berikut 9 alasan… cara menurunkan gula darah

Penting untuk menjaga kadar gula darah agar terhindar dari risiko gangguan kesehatan yang serius.

Selain menggunakan insulin, penderita gula darah tinggi disarankan untuk menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Ada banyak cara untuk menurunkan gula darah, seperti: memahami jenis makanan yang dimakan dan jumlah porsi harian, membatasi asupan makanan, dan menghindari makanan olahan seperti roti putih, nasi putih, cake, cookies, dan cookies. Kurangi konsumsi minuman manis seperti soda, air putih, dan minuman berenergi. Hindari atau batasi jumlah insulin yang diresepkan dokter, dan kelola stres seperti yoga, meditasi, atau latihan relaksasi.

Dengan memahami apakah gula darah normal setelah makan 190, Anda bisa segera mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Kadar gula darah 190 mg/dL dua jam setelah makan biasanya menandakan seseorang menderita pradiabetes.

Namun, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan diagnosis sehingga dapat diberikan pengobatan dan perawatan yang tepat.

Baca juga: Berapa Gula Darah Normal? Berikut penjelasannya… Dengarkan berita dan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top