Cara Deteksi Malware di HP Android dan Menghapusnya

virprom.com – Malware ponsel Android biasanya menimbulkan berbagai masalah yang dapat mengganggu fungsi perangkat dan membahayakan data pribadi pengguna. Salah satunya menurunkan kinerja ponsel.

Misalnya, perangkat berjalan lambat, sering hang, atau crash. Tak hanya itu, baterai ponsel Android biasanya cepat terkuras akibat malware.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada ponsel Anda, berikut beberapa cara mendeteksi malware di ponsel Android.

Baca juga: 11 Alasan Ponsel Android Cepat Panas dan Cara Mengalahkan Pemindaian File APK yang Mencurigakan

File APK (Paket Android) adalah format file yang digunakan untuk mendistribusikan dan menginstal aplikasi pada perangkat Android. Mengunduh APK dari sumber yang tidak dikenal bisa berisiko karena file ini mungkin berisi malware. Jadi, inilah cara memeriksanya. Buka Manajer File atau File Saya. Klik APK atau Instal File. Hapus semua file APK yang tidak dikenal atau mencurigakan. Periksa penggunaan data

Periksa penggunaan data Anda untuk melihat apakah ada lonjakan yang tidak biasa. Jika ada aplikasi yang menggunakan lebih banyak data daripada biasanya tanpa alasan yang jelas, itu bisa jadi merupakan tanda adanya malware. Begini caranya. Pergi ke pengaturan”. Klik Koneksi atau Jaringan dan Internet. Pilih “Penggunaan data”. Periksa penggunaan data untuk setiap aplikasi. Periksa intensitas iklan pop-up

Iklan pop-up yang terus-menerus muncul di ponsel Anda bisa jadi merupakan tanda adanya malware. Malware ini mencoba mencuri informasi pribadi Anda dengan mengarahkan Anda ke situs web palsu untuk mencuri informasi pribadi seperti informasi kartu kredit atau rekening bank. Periksa aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai

Malware dapat berjalan di latar belakang sehingga menguras baterai ponsel. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menghapus aplikasi tidak dikenal yang menghabiskan terlalu banyak baterai. Berikut cara mengecek penggunaan baterai di ponsel Android. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda. Klik pada opsi Baterai. Pilih “Penggunaan Baterai”. Periksa daftar aplikasi. aplikasi yang menghabiskan banyak baterai akan ditampilkan di bagian atas daftar.

Baca juga: Operator seluler menyebarkan malware pada bandwidth, menyedot pelanggan Cara Menghapus Malware dari Ponsel Android Hapus Aplikasi Mencurigakan Buka Pengaturan di ponsel Anda. Klik “Program” atau “Kelola aplikasi”. Cari aplikasi yang mencurigakan atau tidak dikenal. Ketuk aplikasinya, lalu pilih Copot pemasangan. Hapus cache dan data browser Buka Pengaturan di ponsel Anda. Klik pada Aplikasi. Telusuri browser yang Anda gunakan, seperti Chrome. Klik “Hapus cache” dan “Hapus data”. Gunakan aplikasi keamanan atau antivirus

Unduh aplikasi antivirus dari Google Play Store, seperti Avast, Bitdefender, atau Malwarebytes, lalu pindai untuk mendeteksi dan menghapus malware. Hapus file APK yang mencurigakan Buka File Manager atau aplikasi File Saya di ponsel Anda. Telusuri ke folder tempat file APK biasanya disimpan, seperti folder Unduhan. Periksa file APK yang mencurigakan dan hapus file yang tidak dikenal.

Baca juga: Waspadalah terhadap pesan palsu di Google Chrome, karena bisa berbahaya

Itulah beberapa cara mendeteksi dan menghapus malware di ponsel Android. Dapatkan berita teknologi terkini dan gadget unggulan setiap hari. Bergabunglah dengan saluran WhatsApp KompasTekno.

Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

  Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top