Delegasi DPR RI Kunjungi Swedia Terkait Program Makan Siang Gratis

JAKARTA, virprom.com – Delegasi Pansus 4 RI DPR melakukan kunjungan kerja ke Stockholm, Swedia, pada tanggal 19 hingga 22. Mei 2024. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk mempelajari praktik peternakan, perikanan, dan perhutanan sosial yang dapat diterapkan di Indonesia.

Dikutip dari Antaranews, Rabu (22/05/2024), delegasi Komite IV DPR yang diketuai Budhy Setiawan dan Wakil Presiden Budisatrio Djiwandono mendapat informasi dukungan Swedia terhadap program makan siang gratis yang menjadi agenda prioritas Presiden dan Presiden. Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mengidap kanker.

“Kunjungan kerja ini memberikan peluang besar bagi Indonesia dan Swedia untuk mempererat kerja sama di bidang pangan. Kami melihat hubungan kedua negara yang kuat,” kata Duta Besar RI untuk Swedia Kamaradipta Isnomo dalam keterangan tertulisnya Dari Berita Antara.

Baca juga: Skema Makan Siang Gratis Khusus Departemen yang Disebut Nepodan, Proyek Mercusuar Perlu Pengawasan

Direktur Badan Pangan Nasional, Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Ekologis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) (Dirjen PSKL) dan perwakilan Kementerian Pertanian RI. Bidang Kelautan dan Perikanan, Perhutani dan PT Navel Indonesia hadir.

Menurut laporan, saat berada di Stockholm, delegasi Indonesia bertemu dengan Kenneth G. Forslund, Wakil Ketua Pertama Parlemen Swedia, Adam Reuterskiold, Ketua Kelompok Persahabatan Parlemen Indonesia-Swedia, dan perwakilan Komite.

Selain pertemuan formal, delegasi juga mengunjungi beberapa lokasi penting, antara lain peternakan dan perkebunan Bonajar, serta pasar ikan dan hasil laut.

Dubes Kam menyampaikan: “Saya berharap kunjungan ini dapat mempererat hubungan bilateral Indonesia dan Swedia serta memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia menjelang ‘Indonesia Emas 2045’.”

Baca juga: Gibran Bicara Urgensi Layanan Khusus Melalui Program Makan Siang Gratis

Sekadar informasi, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2024 untuk periode 2024-2029.

Namun persiapan implementasi rencana prioritas yang dicanangkan pasangan ini saat kampanye Pemilihan Presiden (Pierpres) 2024 memang tengah dilakukan pemerintahan saat ini.

Pemerintahan Presiden Jokowi dikabarkan membahas program makan siang gratis dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Program makan siang gratis tersebut dibahas dalam rapat kabinet yang dipimpin Presiden Joko Joko pada 26 Februari 2024. Tahun.

Baca juga: Soal Anggaran Makan Siang Gratis, Prabowo: Saatnya Lebih Berani

Susiwijono Moegiarso, Sekretaris Koordinator Kementerian Perekonomian, mengatakan makan siang gratis tersebut memang merupakan rencana yang disiapkan pemerintahan baru. Namun, saat ini pemerintah disebutkan bertanggung jawab mempersiapkan implementasi rencana tersebut.

Nah, menurut dia, rencana yang dilaksanakan pemerintah pada tahun depan ini dirancang bersama oleh Menteri Keuangan dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), dan selanjutnya akan disampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian untuk dilaporkan.

Tak hanya itu, simulasi paket makan siang gratis dengan harga Rp 15.000 juga dilakukan.

Uji coba dilakukan Pemerintah Kabupaten Tangerang pada tanggal 29 Februari 2024 terhadap beberapa siswa di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top