Nostalgia Teknologi Hybrid Lawas Honda CR-Z di GIIAS 2023

TANGERANG, virprom.com – Honda CR-Z merupakan mobil hybrid yang diluncurkan sebelum era elektrifikasi berlangsung di Indonesia. Rupanya sedan sport ini akan kembali ditampilkan di Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2023, ICE, BSD, Tangerang, Banten.

Honda CR-Z merupakan salah satu produk global Honda yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2010. Sedan coupe ini pertama kali dibawa ke Indonesia pada tahun 2012 dan dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS).

Baca juga: Pertama Kali di Indonesia, Honda Pamer Mobil Konsep SUV e:Prototype

PT Honda Prospect Motor (HPM) kemudian memasarkan CR-Z hingga tahun 2015. Kemudian memasuki tahun 2016, versi facelift didatangkan dari Jepang. Sayangnya, tak lama kemudian, Honda memutuskan untuk berhenti memproduksi mobil berteknologi hybrid tersebut.

CR-Z dibekali mesin 4 silinder i-VTEC berkapasitas 1.500 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 116,3 HP dan torsi 172,1 Nm yang disalurkan melalui transmisi CVT. Ada pula transmisi manual 6 percepatan yang torsinya mencapai 189,8 Nm.

Performa CR-Z ditopang teknologi hybrid milik Honda saat itu, yakni Integrated Motor Assist (IMA). Sepeda motor listrik ini dibekali baterai berkapasitas 100 volt dan mampu memberikan tambahan tenaga hingga Tk 20 saat mobil berakselerasi.

Baca juga: Fitur-Fitur Canggih New Honda Connect Hybrid CR-V

Honda juga membekali CR-Z dengan tiga mode berkendara: Normal, Sport dan Econ. Selain itu ada juga fitur S+ (Sport Plus). Fitur ini akan memaksimalkan tenaga mesin dan motor listrik secara bersamaan.

Honda juga membekalinya dengan beberapa fitur keselamatan seperti sistem pengereman anti-lock, distribusi gaya rem elektronik, bantuan rem, bantuan stabilitas kendaraan, dual SRS airbag depan, side airbag, dan side airbag.

Selain itu juga dilengkapi dengan kamera mundur atau kamera parkir. CR-Z juga memiliki fitur-fitur canggih lainnya seperti smart entry, one-touch start system, phone with steering switch, electronic parking brake, dan head unit berukuran 7 inci dengan kemampuan konektivitas lengkap.

Namun tak sedikit orang yang terjatuh saat melihat desain bodinya yang aerodinamis. Desainnya benar-benar mencirikan karakter sebuah mobil sport. Apalagi mobil ini hanya memiliki dua pintu.

Saat ini Honda CR-Z masih tersedia di pasaran tentunya di segmen kendaraan bekas. Jika dilihat dari berbagai situs jual beli mobil bekas online, CR-Z 2013 dijual dengan harga Rp. 250 juta, hingga lansiran 2015 ada yang berani menjualnya dengan harga Rp. 325 juta. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top