Gula Darah 160 Apakah Harus Minum Obat? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Gula darah bisa naik karena banyak faktor seperti pola makan dan usia. Jadi kalau gula darah naik sampai 160, apakah perlu minum obat?

Ternyata gula darah 160 merupakan gula darah tinggi dan merupakan gejala diabetes yang perlu diturunkan termasuk dengan pengobatan.

Selain pengobatan, Anda mungkin perlu mengubah pola makan dan menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah gula darah tinggi.

Untuk itu, simak penjelasan dan ketahui beberapa cara menurunkan gula darah di bawah ini.

Baca juga: Gula Darah 190 Setelah Makan Normal? Begini penjelasannya..gula darah 160, apakah saya harus minum obat?

Faktanya, kadar gula darah 160 miligram per desiliter (mg/dL) tergolong gula darah tinggi dan merupakan gejala diabetes, dan Anda mungkin perlu minum obat untuk menurunkannya.

Menurut Mayo Clinic, kadar gula darah antara 140 dan 199 mg/dl pada tes toleransi glukosa (GTL) menunjukkan bahwa seseorang menderita diabetes.

Namun, penderita diabetes tidak selalu membutuhkan obat.

Pasalnya, diabetes bukanlah suatu kondisi medis yang bisa diobati dengan obat-obatan.

Faktanya, belum ada obat khusus yang bisa digunakan untuk mengobati diabetes.

Namun, beberapa penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dan mungkin tidak merasa lebih baik setelah mengubah pola makan dan kebiasaannya.

Kondisi ini memerlukan penggunaan obat-obatan tertentu, seperti metformin, untuk mengurangi risiko diabetes.

Penderita diabetes mungkin akan diberi resep obat tertentu, seperti untuk mengontrol kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk menentukan perlu tidaknya minum obat.

Baca juga: Mengapa Gula Darah Tinggi? Berikut 9 alasannya… Cara menurunkan gula darah

Kadar glukosa darah 160 mg/dL tergolong hiperglikemia dan merupakan gejala diabetes.

Kadar gula darah 160 mg/dL biasanya dapat dikontrol dengan perubahan gaya hidup, termasuk pola makan dan olahraga.

Laporan GoodRx Health mencantumkan beberapa pola hidup sehat yang dapat dilakukan sebagai salah satu cara menurunkan gula darah, seperti: Memperbanyak asupan sayur atau biji-bijian. Anda memperhatikan makanan dan penghitungan kalori. Anda menghindari makan lemak trans. Dan karbohidrat kompleks Berolahragalah secara teratur selama 150 menit dalam seminggu atau minimal 30 menit setiap 5 hari dalam seminggu, hindari dan berhenti merokok, turunkan berat badan dan kendalikan, seperti yoga, meditasi atau aktivitas santai lainnya.

Selain cara di atas, pemeriksaan kesehatan juga sangat penting untuk mengetahui apakah gula darah Anda sudah mencapai 160 atau perlu minum obat.

Pasalnya, tubuh setiap orang berbeda-beda dan memerlukan perawatan serta perawatan kesehatan yang berbeda-beda. Dengarkan berita terbaru kami dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top